by

INNALILLAHI! Gempa Guncang Cianjur, 44 Orang Meninggal Dunia dan Lebih 700 Orang Luka-Luka

Pasang

NKRIku.com – Gempa dengan kekuatan 5,6 magnitudo yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengakibatkan puluhan korban meninggal dunia tertimpa runtuhan bangunan.

Hal itu pun disampaikan Bupati Cianjur, Herman Suherman saat dihubungi awak media pada, Senin 21 November 2022.

Samsung Galaxy S22 ultra seharga 1.857.000 IDR. Diskon hingga 70% untuk flagman Samsung

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Turun 23 kg dalam 2 minggu!

Samsung Galaxy S22 ultra seharga 2.750.000 IDR. Diskon hingga 70% untuk flagman Samsung

Cara nenek menurunkan 12 kg dalam 1 minggu, campur satu sendok…
“Ya Yang meninggal sudah 44 orang,” kata Herman saat dihubungi, Senin 21 November 2022.

Herman menjelaskan, puluhan korban meninggal dunia itu diakibatkan karena tertimpa bangunan. “Tertimpa bangunan,” katanya.

Ia juga menyampaikan, selain 44 orang meninggal dunia, ratusan orang juga luka-luka akibat gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo tersebut.

Kemudian, Herman mengungkapkan, saat ini kondisi listrik di wilayah terdampak bencana masih padam. Dia menyebut, warga membutuhkan alat penerangan bantuan usai terjadinya gempa.

“Listrik mati, harus ada sentra penunjang, listrik masih mati di Kota, ini yang terdampak di Kota,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan, gempa magnitudo berkekuatan 5,6 skala richter yang terjadi di Cianjur diakibatkan adanya patahan geser. Kedalaman pusat gempa sekitar 10 kilometer.

“Jadi yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi-Cianjur, di sekitar daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan oleh patahan geser dengan magnitudo 5,6. Diduga ini merupakan pergerakan dari sesar cimandiri, jadi bergerak kembali,” tutur Dwikorita di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebagaimana diketahui, gempa dengan magnitudo 5,6 skala richter ini mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat sekitar pukul 13.21 WIB. Guncangan juga dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Selain Jabodetabek, guncangan juga dirasakan di wilayah Sukabumi dan Bandung.

“Magnitudo 5.6, pukul 13.21 WIB, lokasi 6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur-Jawa Barat),” demikian tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa barada pada kedalaman 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG pun memastikan gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” tulis dalam siaran persnya. (***)

Artikel ini telah tayang di postkota.co.id dengan judul Gempa Guncang Cianjur, 44 Orang Meninggal Dunia Tertimpa Runtuhan Bangunan, Lebih 700 Orang Luka-luka