Jadi Tambahan Penghasilan Karyawan, Inilah Pengertian Tunjangan, Jenis, dan Tujuannya

NKRIKU Ketika sedang berada pada fase mencari pekerjaan, tak sedikit orang yang hanya memerhatikan besarnya gaji yang dijanjikan pemberi kerja. Memang benar jika gaji merupakan salah satu acuan utama yang perlu diperhatikan saat berburu profesi, apalagi yang sudah memiliki segudang pengalaman. 

Namun, selain gaji, kamu juga perlu mencari tahu tunjangan apa saja yang bakal diberikan oleh perusahaan tempatmu bekerja beserta nominalnya.

Berita Populer  Perekonomian Melambat, BI Ingatkan Perbankan Waspada Salurkan Kredit

Sebab, bisa saja sebuah perusahaan menawarkan pekerjaan dengan gaji yang tergolong pas-pasan, namun, menawarkan sejumlah tunjangan yang jika dijumlahkan, nominalnya jauh lebih besar dan menguntungkan ketimbang perusahaan yang tawarkan gaji selangit tapi tanpa tunjangan.

Mengetahui hal tersebut, memahami apa itu tunjangan dan sistem kerjanya di dalam sebuah perusahaan amatlah penting bagi setiap karyawan.

Berita Populer  VIDEO: Jepang Beri Tunjangan Warga dan Perluas Darurat Corona

Oleh karena itu, agar lebih memahami hak dan kewajiban karyawan dalam menerima tunjangan, jenis-jenisnya, tujuan pemberian, hingga dasar hukumnya di dalam negeri, simak ulasan berikut ini.

1. Apa Itu Tunjangan?

Tunjangan adalah tambahan pendapatan yang statusnya di luar gaji dari lembaga, institusi, atau perusahaan tempat penerimanya bekerja. Umumnya, pemberian tunjangan digabung bersama dengan gaji tiap bulan. 

Berita Populer  Banyak ke Saham, Modal Asing Deras Masuk ke Indonesia pada Minggu I Oktober

Tambahan tersebut berupa uang yang dialokasikan atau diberikan secara rutin dengan tujuan tertentu. Seperti, makan dan transportasi. Rincian terkait besaran dan jenis tunjangan biasanya tertera secara mendetail di dalam slip gaji maupun laporan penghasilan lembaga atau perusahaan pemberi kerja. 

2. Golongan Tunjangan

Berita Terbaru