Jadikan Gambar Nabi Muhammad Sebagai Diskusi Kelas, Guru Prancis Tewas Dipenggal

NKRIKU, Kasus teror terkait gambar Nabi Muhammad kembali mengguncang Prancis. Dalam kasus teranyar, seorang guru sejarah di Paris bahkan sampai tewas setelah dipenggal oleh peneror.

Mengutip Sky News hingga NKRIKU, polisi belum memberikan sedikit rincian tentang penyerang, korban atau kronologi insiden. Namun pihak berwenang telah mengonfirmasi bahwa identitas korban bernama Samuel Paty, pengajar di sebuah sekolah menengah di wilayah Conflans-Sainte-Honorine.

Berbagai media Prancis kemudian membeberkan bahwa sebelum tewas, Paty sempat berdiskusi tentang kasus majalah Charlie Hebdo.

baca juga:

Selama pembelajaran itulah, Paty menunjukkan beberapa gambar karikatur kontroversial Nabi Muhammad kepada murid-muridnya. Meski begitu, selama diskusi, Paty juga dilaporkan meminta siswa-siswa muslim untuk keluar dari kelas.

“Anak saya mengatakan kepada saya bahwa itu (perintah untuk keluar kelas) hanya kebaikan dan untuk menjaga (perasaan) mereka. Karena ia (Paty) harus menunjukkan karikatur nabi umat Islam.

“(Paty) hanya berkata kepada siswa-siswa muslim: ‘Pergilah, saya tidak ingin melukai perasaan kalian’. Itulah yang dikatakan anak saya,” ucap salah satu orang tua murid muslim, Nordine Chaouadi.

Surat kabar Prancis Le Monde, lalu menjelaskan bahwa usai diskusi, Paty langsung diprotes oleh sejumlah orang tua muslim.

Tidak jelas apakah sekolah kemudian mengambil tindakan untuk merespons protes. Meski begitu, kepala sekolah tempat Paty mengajar sempat mendapatkan ancaman.

Sementara itu, tersangka pemenggalan telah diidentifikasi sebagai seorang remaja berusia 18 tahun asal Chechnya. Berdasarkan keterangan jaksa antiteror Prancis Jean-Francois Ricard, tersangka juga telah diberikan izin tinggal 10 tahun di Prancis.

Meski begitu, sekali lagi, belum jelas bagaimana kronologi tersangka menghilangkan nyawa Paty. Namun, polisi menuturkan bahwa tersangka membawa pisau dan memenggal kepala Paty pada Jumat (16/10) sore waktu setempat.

Berita Terbaru