oleh

Jahe Merah Ternyata Ampuh Lawan Corona, Ini Penjelasannya

NKRIKU – Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh para petani di Indonesia. Selain daripada itu, Jahe Merah juga telah dipakai secara turun temurun untuk berbagai macam penyakit.

Akan tetapi, tahukah anda ? bahwa kandungan jahe merah itu ternyata bisa menguatkan sistem imun tubuh sehingga tak mudah terkena infeksi bakteri dan atau virus.

Berdasarkan penelitian Dugasani pada tahun 2010, dalam comparative antioxidant and anti inflammatory effects of gingerol dan shogaol, disebutkan bahwa kandungan gingerol dan shogaol dlam jahe merah itu terbukti bermanfaat untuk tubuh manusia.

Gingerol dan shogaol yang memiliki efek antioksidan bermanfaat melawan stres oksidasi. Zat tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membunuh bakteri atau virus berbahaya dalam tubuh sehingga bantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kandungan gingerol dalam jahe merah memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari sebagai antimual, antibakteri, dan antiinflamasi. Gingerol juga berkontribusi pada rasa pedas khas jahe yang sudah kita ketahui.

Kadar gingerol pada jahe merah itu lebih tinggi ketimbang jahe gajah yang ternyata sangat sering dipakai oleh masyarakat sekarang ini.

Kadar gingerol yang lebih tinggi, berat per rimpang yang lebih berat, dan kandungan minyak atsiri yang lebih banyak membuat jahe merah lebih efektif buat kesehatan masyarakat dibanding jahe gajah dan juga jahe emprit.

Menjaga daya tahan tubuh itu menjadi penting, apalagi baru-baru ini badan kesehatan dunia (WHO) sudah menetapkan untuk siaga penyebaran virus Corona dan menghimbau kepada masyarakat dunia untuk tetap waspada.

Meskipun masih belum terkonfirmasi masuk di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan himbauan langkah-langkah untuk pencegahan jika terinfeksi virus ini.

Mulai dari sering cuci tangan, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, hati-hati kontak dengan hewan dan orang yang terinfeksi, jangan mengonsumsi daging yang tidak matang, dan olahraga serta istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit.

Jahe merah menjadi salah satu rekomendasi bahan herbal asli Indonesia yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu, apalagi dalam kondisi waspada Novel Coronavirus seperti sekarang ini.

Salah satu cara untuk membuat jahe merah lebih berkhasiat dengan cara diminum dan dicampurkan dengan madu. Jika dikonsumsi secara rutin, jahe merah dapat membantu dalam mencegah berbagai macam penyakit untuk masuk dalam tubuh kita.

Loading...

Baca Juga: