Jasa Marga: Setelah Larangan Mudik Selesai, Trafik Kembali Seperti Sedia Kala

NKRIKU, Jakarta – Emiten operator jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengungkapkan trafik jalan tol sudah kembali seperti sedia kala setelah libur lebaran 2021. Adapun, kebijakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah pada periode lebaran sempat menekan trafik lalu lintas di jalan tol. 

Padahal biasanya periode libur lebaran menjadi salah satu “masa panen” pendapatan jalan tol Jasa Marga lewat arus mudik dan arus balik. Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto mengatakan secara garis besar trafik jalan tol sudah bertumbuh.

Berita Populer  Terkini Bisnis: Risma Ingatkan Situs Resmi Bansos: Direksi Kimia Farma Dirombak

Di beberapa ruas seperti Transjawa bahkan arus lalu lintas sudah di atas level normal karena terdapat pengalihan moda transportasi dari pesawat ke mobil.

“Setelah larangan mudik selesai, trafik kembali seperti sedia kala,” kata Adri kepada Bisnis, Selasa 8 Juni 2021. Kendati demikian, lanjut Adri, trafik di beberapa ruas tol memang terpantau masih rendah. Hal itu disebabkan oleh aktivitas sekolah yang belum dibuka dan beberapa tempat pariwisata yang masih sepi.

Berita Populer  Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Beroperasi Akhir 2021

Analis RHB Sekuritas Ryan Santoso dan Andrey Wijaya menjelaskan pendapatan jalan tol Jasa Marga sebenarnya sudah pulih pada awal April, naik mencapai 9 persen di atas pendapatan sebelum pandemi. 

Kendati demikian, kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pada libur lebaran 2021 membuat trafik lalu lintas di jalan tol turun sesaat. “Kami yakin pendapatan jalan tol akan meningkat lagi pada Juni,” tulis Ryan dan Andrey dalam riset yang dipublikasikan lewat Bloomberg.

Berita Populer  Hingga H+6 Lebaran, 422 Ribu Kendaraan Masuk ke Jakarta

Berita Terbaru