Jenis-jenis Kanker Kulit yang #KAMUHARUSTAU

NKRIKU.COM – Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia. Biasanya terjadi karena paparan sinar UV. Sinar UV dapat merusak DNA dalam sel-sel epidermis (lapisan kulit terluar) yang kemudian membuat sel-sel ini membelah tanpa terkendali dan menyebabkan kanker.

Untungnya, kanker kulit dapat diobati secara efisien ketika didiagnosis pada tahap awal, meningkatkan peluang kelangsungan hidup pasien.

Namun, untuk mendapatkan perawatan yang tepat, dokter kamu harus dapat mengidentifikasi dengan benar jenis kanker kulit yang kamu alami.

Di bawah ini akan dibahas beberapa hal tentang karakteristik berbagai jenis kanker kulit yang #KAMUHARUSTAU.

Jenis-jenis Kanker KulitIlustrasi jenis kanker kulit (photo/Popcultureworldnews)

Secara umum, ada dua jenis kanker kulit, yaitu kanker non-melanoma dan kanker melanoma.

Berita Populer  Kanker Kulit Umum Terjadi Pada Pria Gay dan Biseksual, Benarkah?

Kanker melanoma adalah kanker yang dimulai pada melanosit (sel kulit yang membuat pigmen melanin). Melanin bertanggung jawab untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya.

Sedangkan kanker non-melanoma adalah kanker yang dimulai dari jenis sel kulit lainnya, selain sel melanoma.  Berdasarkan hal di atas, berikut adalah beberapa jenis kanker kulit yang paling umum:

1. Basal cell carcinoma

Menurut American Academy of Dermatology, basal cell carcinoma adalah jenis kanker kulit yang paling umum.

Jenis kanker ini dimulai pada sel basal (sel bawah) dari epidermis yang bertanggung jawab untuk menggantikan epidermis atas saat kulit kita memudar.

Basal cell carcinoma lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki warna kulit lebih terang dan biasanya muncul kulit berwarna merah muda atau kulit pada leher, kulit kepala, bahu, punggung, atau telinga.

Berita Populer  Kanker Kulit Umum Terjadi Pada Pria Gay dan Biseksual, Benarkah?

2. Squamous cell carcinoma

Squamous cell carcinoma berawal dari sel skuamosa (sel datar yang membentuk epidermis atas dan terus-menerus luruh selama hidup kita). Jenis kanker ini lebih sering menyerang mereka yang memiliki warna kulit lebih terang meskipun juga dapat terjadi pada mereka yang berkulit gelap.

Selain itu, kanker kulit ini dapat muncul dalam bentuk bercak bersisik atau benjolan merah keras dan terlihat pada area terbuka termasuk leher, kulit kepala, dan tangan.

3. Melanoma

Dimulai pada melanosit, melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius karena menyebar dengan cepat ke jaringan di sekitarnya.

Melanoma berkembang di tahi lalat atau kulit yang tampak normal dan mereka dapat terjadi di area tubuh mana pun meskipun mereka tidak terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Berita Populer  Kanker Kulit Umum Terjadi Pada Pria Gay dan Biseksual, Benarkah?

Jika kamu memiliki tahi lalat atau kulit yang berbeda warna atau berubah warna, bentuk atau ukuran dari waktu ke waktu berbeda, kamu harus memeriksakannya ke dokter.

4. Merkel cell carcinoma

Ini adalah jenis kanker kulit langka yang dimulai pada sel merkel yang ada di pangkal epidermis.

Merkel cell carcinoma muncul dalam bentuk nodul keras atau lesi kulit yang tidak nyeri. Kanker ini umumnya menyerang mereka  yang telah berusia di atas 50, terutama mereka yang memiliki warna kulit terang.

Nah, itulah beberapa jenis kanker kulit yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru