oleh

Jokowi Bantah Gunakan Alat Bantu Komunikasi Saat Debat Pilpres Kedua

NKRIKU.COM – Maraknya tudingan di media sosial Jokowi Pakai Alat Bantu Komunikasi Saat Debat Kedua Capres, Jokowi Vs Prabowo yang bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17/02/19.

Unggah tersebut telah dibagikan ribuan kali oleh akun Facebook lain. Selain itu, unggahan itu juga telah mendapatkan banyak respon.

Loading...

Spontan Jokowi membantah isu yang ramai di media sosial ini, yang mengabarkan tentang dirinya menggunakan alat komunikasi kecil saat debat kedua Pilpres 2019.

“Ah ada-ada aja. Itu fitnah. Fitnah itu jangan diterus-terusin lah,” ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Ia pun kemudian menunjukkan pulpen yang digunakannya saat debat semalam kepada awak media.

“Ini pulpennya. Ya buka aja. Jadi enggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah,” ujar Jokowi.

Dikutip dari Kompas.com bahwa salah satu komisioner KPU, Hasyim Asy’ari, mengungkapkan bahwa alat yang dipakai Jokowi dan Prabowo merupakan alat pengeras suara atau microphone yang dipasang di baju bagian depan. Alat itu berkabel yang kabelnya dimasukkan ke dalam baju dan terhubung alat yang ditempelkan di bagian belakang celana.

“Alat itu setahu saya sebagaimana yang biasanya digunakan oleh narasumber atau presenter televisi karena saya juga biasa menggunakannya saat jadi narasumber di televisi,” ujar Hasyim saat dihubungi Kompas.com pada Senin (18/2/2019).

Hasyim juga mengatakan bahwa ketika acara debat kedua usai, sesaat setelah turun panggung, ia melihat Jokowi melepas alat pengeras suara itu dan menarik kabel untuk mengeluarkannya dari dalam baju. Menurut dia, peristiwa tersebut disaksikan banyak orang.

Kemudian, Hasyim juga mengatakan bahwa dirinya tidak bisa melihat persis apakah Jokowi memegang pena/pulpen atau tidak karena posisi duduknya tidak memungkinkan untuk menyaksikan pulpen itu.

“Yang saya tahu dan saya lihat adalah saat menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan, Pak Jokowi pegang mic gonta-ganti tangan antara tangan kanan dan tangan kiri. Ini bisa dikonfirmasi melalui tayangan ulang debat tersebut,” ujar Hasyim. (Arf/Mj)

Loading...

Baca Juga: