Jokowi Kunjungi Korban Erupsi Semeru; Saya Ingin Pastikan Pengungsi Tertangani Baik

NKRIKU.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Selama di lokasi, Jokowi juga meninjau lokasi pengungsian warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengemukakan, ingin memastikan pengungsi korban erupsi Semeru tertangani dengan baik di posko-posko. 

“Tadi di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa dengan pengungsi tertangani dengan baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik,” ucap Jokowi dalam video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden. 

Berita Populer  Setahun Covid-19, Faisal Basri Kritik Pandemi Dihadapi Seperti Bencana Alam

Baca Juga:
Satu Keluarga Terjebak Erupsi Semeru: Kami Hampir Pasrah

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap saat kondisi mulai mereda, pemerintah akan segera melakukan perbaikan infrastruktur dan melakukan relokasi.

“Kita berharap setelah nanti reda, semuanya bisa dimulai baik yang berupa perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali,” kata dia.

Berita Populer  Jokowi Dijadwalkan Akan Hadiri KTT ASEAN ke-37, Apa Saja yang Akan Dibahas?

Dalam kunjungan tersebut, dia juga mendapat informasi sekitar 2.000-an rumah warga harus direlokasi. Lantaran itu, Jokowi akan segera memutuskan lokasi relokasi warga korban erupsi Semeru. 

“Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan sgera kita bangun. Saya kira semua sudah siap,” katanya.

Dalam peninjauan di posko pengungsian korban erupsi Semeru, Presiden Jokowi didampingi, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Berita Populer  Beri Ucapan Ultah ke Jokowi, Pesan Andi Arief: Jangan Berniat Tambah Waktu Berkuasa

Baca Juga:
Bantu Korban Erupsi Semeru, Ganjar Pranowo Berangkatkan 50 Relawan dan Bantuan Logistik

Selain itu juga, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang  Thoriqul Haq.

Berita Terbaru