Jokowi: Lumbung Pangan Humbang Hasundutan Hasilkan Kentang dan Bawang

NKRIKU, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan beberapa wilayah lainnya di Sumatera Utara akan menghasilkan komoditas pangan kentang, bawang merah, dan bawang putih.

“Insya Allah, nanti ini sudah dimulai, dan kita lihat hasilnya kira-kira nanti dua bulan sampai 2,5 bulan,” kata Presiden saat meninjau lahan lumbung pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa, 27 Oktober 2020.

Berita Populer  JATAM Minta Jokowi Baca Utuh Omnibus Law yang Disahkan DPR

Turut mendampingi Presiden di kawasan lumbung pangan yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Berita Populer  [HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Dielu-elukan Warga Amerika saat Unjuk Rasa George Floyd

Bahan pangan yang dihasilkan di lumbung pangan di Humbang Hasundutan berbeda dengan yang dihasilkan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah. Di lumbung pangan Pulau Borneo itu, food estate akan menghasilkan padi dan singkong.

Sudah dua kali saya ke Kalteng, di sana akan dibangun food estate khusus untuk padi, dan untuk singkong,” ujarnya.

Berita Populer  Pengusaha Tunggu Reshuffle Kabinet Jokowi

Di Sumatera Utara, selain Humbang Hasundutan, terdapat beberapa kabupaten lainnya yang akan menerapkan program food estate yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Berita Terbaru