oleh

Jokowi Rencana Beli 3 Juta Obat Klorokuin, Benarkah Ampuh untuk Obati Corona (Covid-19)

NKRIKU – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan sudah memesan 3 juta unit chloroquine atau klorokuin sebagai obat untuk pasien corona.

Kabar tersebut telah membuat banyak warga berupaya untuk memborong chloroquine secara sekaligus dengan teman-temannya seperti pil kina atau kuinin.

Sebenarnya apa itu klorokuin?? Apakah sama dengan pil kina? Lantas, apakah bahayanya kalau kita mengonsumsi sendiri untuk dapat mencegah corona??

Klorokuin adalah obat yang sudah lama dipakai dalam mengobati maupun mencegah malaria. Selain daripada itu, obat ini juga dipakai untuk dapat mengobati rheumatoid arthritis dan penyakit autoimun seperti lupus.

Setidaknya terdapat dua penelitian yang mengamati pengaruh terapi lain dari klorokuin. Penelitian awal yang dilakukan pada 17 tahun yang lalu menemukan bahwa klorokuin mempunyai aktivitas lain sebagai antivirus pada beberapa virus seperti coronavirus, retrovirus dan flavivirus.

Studi tahun 2017 semakin memperkuat pernyataan tersebut di mana klorokuin terbukti efektif untuk mencegah terjadinya replikasi HIV dan juga penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya seperti SARS coronavirus. Atas dasar itulah, klorokuin mulai dicobakan pada pasien-pasien COVID-19 yang merupakan jenis coronavirus terbaru. Klorokuin diyakini dapat menghambat pertumbuhan virus setelah diamati dapat memengaruhi proses endositosis, yang dalam konteks ini berarti proses masuknya virus ke dalam tubuh. Pada awalnya virus akan masuk ke dalam sel yang bersifat asam, lalu klorokuin bekerja dengan meningkatkan pH endosomal yang dapat mengganggu kemampuan virus untuk masuk ke dalam sel inang dan mulai mereplikasi. Artinya keasaman pH pada sel akan diturunkan sehingga mengganggu proses masuknya virus.

Loading...

Baca Juga: