by

KABAR BAHAGIA! PKH Tahap 4 Cair November di Kantor Pos, Cek Nama Penerima Online Via Link Ini

Pasang

NKRIku.com – Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada bulan November 2022.

Penyaluran PKH tahap 4 bulan November 2022 bukan melalui Himpunan Bank Himbara, melainkan PT Pos Indonesia.

KPM dapat mengambil dana PKH tahap 4 pada bulan November 2022 di lokasi yang ditentukan PT Pos Indonesia, salah satunya kantor pos di seluruh Indonesia.

Lantas, bagaimana cara cek nama penerima PKH tahap 4 yang cair melalui PT Pos Indonesia? Apakah tidak melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id?

Simak penjelasan mengenai cara cek nama penerima PKH tahap 4 dan alasan Kemensos menyalurkan bantuan ini melalui PT Pos Indonesia.

Penyaluran bansos PKH tahap 4 melalui PT Pos Indonesia merupakan solusi atas sejumlah kendala yang ditemukan ketika disalurkan melalui Bank Himbara.

Beberapa kendala penyaluran bansos PKH yang kerap ditemukan, antara lain:

  1. Dana PKH gagal ditransfer karena tidak sesuainya identitas pada nama, NIK, dan tanggal lahir antara data bansos, data dukcapil, dengan data Bank, yang dapat mengakibatkan gagal transfer
  2. KPM belum menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) karena pengurusnya meninggal dunia, sedangkan masih punya ahli waris dalam 1 KK
  3. KKS hilang atau PIN diblokir, sedangkan pengurusnya meninggal dunia, sehingga ahli waris tidak dapat mengambil bantuan yang masuk ke rekening
  4. KKS belum diambil karena pengurusnya merantau, sedangkan anggota keluarga yang di rumah tidak diperbolehkan untuk mengambil bantuan yang masuk ke rekening tersebut
  5. KKS terbit di kantor cabang yang jauh dari tempat tinggal, sehingga KPM kategori lansia kesulitan mengambilnya
  6. KKS yang keliru distribusi atau tertukar diberikan kepada orang lain dengan nama yang sama

Adapun tujuan penyaluran PKH tahap 4 melalui PT Pos Indonesia agar KPM tidak terlalu jauh mengambil dana bantuan, dan dapat tersalurkan lebih maksimal.

KPM kategori lansia bakal menerima langsung dana PKH tahap 4 di rumah masing-masing karena dihantar langsung oleh petugas kantor pos, yang didampingi aparat desa/kelurahan dan pendamping PKH.

Selain melalui kantor pos, dana PKH tahap 4 bisa diambil melalui balai desa atau kantor kecamatan.

KPM PKH tahap 4 bisa datang ke titik salur dengan membawa surat undangan dan KTP. Surat undangan dapat diambil di aparat desa, petugas pos, atau pendamping PKH setempat.

Sebelum membawa dokumen pencairan PKH tahap 4, KPM terlebih dahulu bisa cek nama penerima bantuan ini.

Untuk cara cek nama penerima PKH tahap 4, KPM tetap bisa melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut ini cara cek nama penerima PKH tahap 4 online melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Buka browser HP/laptop dan login ke link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Siapkan KTP untuk menginput data pencarian penerima manfaat (PM)
  3. Pilih wilayah domisili, seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa
  4. Ketik nama lengkap pada kolom pengisian nama PM
  5. Lalu ketik empat huruf kode sesuai gambar yang muncul
  6. Apabila huruf kode tidak jelas, ikuti petunjuk agar mendapatkan huruf kode baru
  7. Klik ‘Cari Data’ untuk menerima hasil pencarian

Hasil pencarian akan muncul, yang memuat informasi apakah layak menerima bansos PKH tahap 4 atau tidak.

Apabila data tidak sesuai dengan DTKS, maka akan muncul keterangan ‘Tidak Terdapat Peserta/PM’.

Sedangkan data yang sesuai dengan DTKS akan menampilkan sejumlah informasi penerima bantuan, seperti keterangan Nama Penerima, Umur, Periode, dan beberapa jenis bansos.

Selanjutnya, pada kolom PKH terisi dengan informasi berupa Status (YA), Keterangan (Proses PT.Pos Indonesia) dan Periode (November 2022).

Berdasarkan hasil pencarian ini, KPM bisa membawa surat undangan dan KTP untuk mencairkan dana PKH tahap 4.

Nominal dana PKH tahap 4 yang diterima bulan November 2022, yakni Rp750.000 untuk ibu hamil dan balita, Rp600.000 untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Selanjutnya anak sekolah dapat Rp1,1 juta, dengan rincian, siswa SD Rp225.00, siswa SMP Rp375.000, dan siswa SMA Rp500.000.

Demikian informasi mengenai penyaluran PKH tahap 4 melalui PT Pos Indonesia dan cara cek penerima melalui link cekbansos.kemensos.go.id.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul PKH Tahap 4 Cair November 2022 di Kantor Pos, Cek Nama Penerima Online Lewat Link cekbansos.kemensos.go.id