by

KABAR BAIK! Buat Warga Jakarta, Pemprov DKI Cairkan Bansos Bagi Lansia, Disabilitas, hingga Anak

Pasang

NKRIku.com – Kabar baik buat warga Jakarta, Pemprov DKI melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah mencairkan dana bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdaftar dalam Kartu Jakarta Lansia (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

Adapun pencairan bansos ini sudah dilakukan secara bertahap sejak 16 Agustus 2022 lalu.

Tak hanya mencairkan bansos, Dinsos DKI juga secara bersamaan melakukan pemanggilan bagi penerima baru KLJ, KAJ, dan KPDJ tahun 2022.

Pencairan dana bansos ini langsung dilakukan lewat transfer rekening Bank DKI kepada masing-masing penerima manfaat.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan, dana yang cair bagi penerima KLJ adalah sebesar Rp2.400.000 kepada 59.759 penerima baru.

“Kemudian bagi penerima KAJ bervariatif sesuai dengan rentang usia penerima mulai dari Rp300.000 sampai dengan Rp1.200.000 kepada 7.118 penerima baru,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Sedangkan dana yang diterima pemegang KPDJ sebesar Rp1,2 juta diberikan kepada 7.461 penerima baru.

Herry menyebut, dana ini merupakan rapelan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2022.

“Bagi penerima lama akan berlanjut disalurkan mulai 18 Agustus sampai 19 Agustus ini,” ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, KLJ merupakan program pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia berusia 60 tahun ke atas yang dibuat Pemprov DKI Jakarta.

Kemudian, KAJ merupakan program pemenuhan kebutuhan dasar, seperti nutrisi susu, makanan bergizi, hingga keperluan penunjang lainnya bagi anak usia usia 0 sampai 6 tahun.

Sedangkan, KPDJ merupakan program bantuan yang bertujuan untuk mencegah kerentanan sosial bagi penyandang disabilitas di ibu kota, serta memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Setiap warga yang terdaftar dalam penerima bantuan ini setiap bulannya akan mendapatkan Rp600 ribu untuk pemegang KLJ, serta Rp300 ribu untuk KAJ dan KPDJ.(***)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Kabar Baik Buat Warga Jakarta, Pemprov DKI Cairkan Bansos Bagi Lansia, Disabilitas, hingga Anak,