by

KABAR BAIK! Cara Cek BPNT Sembako 2022 Lewat Online Aplikasi Cek Bansos dan Link cekbansos.kemensos.go.id

Pasang

NKRIku.com – Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kartu Sembako 2022 saat ini dapat dicek secara online dengan hanya menggunakan handphone (HP) dan koneksi internet yang stabil.

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara cek penerima BPNT Kartu Sembako 2022 secara online, yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi Cek Bansos atau lewat laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan mengakses aplikasi Cek Bansos atau laman cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat dapat mengetahui sudah terdaftar atau belumnya mereka sebagai penerima bantuan BPNT Kartu Sembako.

Sebab ada bantuan sebesar Rp200.000 dari pemerintah untuk masyarakat yang terdata sebagai penerima BPNT dan dapat dicairkan pada Agustus 2022.

Perlu diketahui bahwa pengecekkan BPNT Kartu Sembako lewat aplikasi Cek Bansos dapat dilakukan apabila Anda sudah mempunyai akun sebelumnya.

Pembuatan akun di aplikasi Cek Bansos memerlukan waktu yang cukup lama karena harus menunggu notifikasi email aktivasi dari Kemensos.

Jika telah mempunyai akun, Anda dapat melakukan cek bansos BPNT Kartu Sembako lewat aplikasi berikut;

  1. Buka aplikasi Cek Bansos di HP Anda dan login dengan memasukkan username serta password.
  2. Klik ‘Profil’ untuk melihat bantuan yang diperoleh.
  3. Klik ‘BPNT’.

Jika terdata sebagai penerima Kartu Sembako, kolom BPNT akan terisi dengan informasi Status (YA), Keterangan (Proses PT Pos), dan Periode (Agustus 2022).

Sementara itu, untuk masyarakat yang belum mempunyai akun dan ingin melakukan pengecekkan bansos BPNT, dapat dilakukan dengan cara lain.

Pengecekkan tersebut dilakukan dengan cara berikut;

  • Masukkan link resmi cekbansos.kemensos.go.id lewat browser di HP Anda.
  • Lengkapi alamat domisili sesuai KTP.
  • Isi nama lengkap Anda.
  • Tulis 8 kode huruf sesuai gambar.
  • Klik ‘Cari Data’.

Jika muncul informasi Nama Penerima, Umur dan deretan jenis bantuan (BPNT, PKH, BST dan PBI), itu tandanya Anda sudah terdaftar sebagai penerima bansos 2022.

Untuk penerima Kartu Sembako, dalam kolom BPNT akan terisi pula informasi seperti halnya yang muncul di aplikasi Cek Bansos yaitu Status (YA), Keterangan (Proses PT Pos), dan Periode penyaluran (Agustus 2022).

Setelah mengetahui informasi di atas, Anda dapat mencairkan bantuan Kartu Sembako sebesar Rp200.000 lewat Kantor Pos atau PT Pos Indonesia terdekat.

Jangan lupa membawa syarat pencairan berupa undangan Kemensos, KK dan KTP yang dapat ditunjukkan kepada petugas.

Usai memperoleh bantuan, Anda bisa membelanjakan uang tersebut untuk membeli keperluan sehari-hari seperti beras, telur, daging dan lainnya melalui e-Warong.

Itulan penjelasan cara cek BPNT Kartu Sembako 2022 secara online lewat aplikasi Cek Bansos dan laman cekbansos.kemensos.go.id.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cara Cek BPNT Sembako 2022 Online Lewat Aplikasi Cek Bansos dan Link cekbansos.kemensos.go.id