by

KABAR GEMBIRA! BLT Dana Desa 2023 Cair Rp900 Ribu, Ini Cara Daftar dan Aturan Barunya di Sini

Pasang

NKRIku.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2023 cair lagi.

Bagi calon penerima bansos akan mendapatkan bantuan Dana Desa sebesar Rp900 ribu dari pemerintah secara resmi.

Sebelum BLT Dana Desa sebesar Rp 900 ribu dicairkan, pemerintah telah menetapkan beberapa aturan baru bagi para penerima manfaat bansos ini.

Bagi penerima manfaat yang telah melakukan pendaftaran sebagai penerima BLT Dana Desa tahun 2023, Anda wajib mengetahui peraturan baru ini.

Peraturan baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah saat ini hanya ditargetkan untuk masyarakat yang masuk kategori miskin sekali.

Untuk masyarakat yang masuk katagori miskin inilah yang nantinya akan mendapatkan BLT Dana Desa.

BLT Dana Desa akan diberikan setiap bulan dengan nominal Rp 300 selama tiga bulan.

Resmi dari pemerintah peraturan ini harus dipatuhi oleh perangkat desa dalam proses pencarian dana BLT Desa tahun 2023 sebesar Rp 900 ribu agar tepat sasaran dalam penyalurannya.

Perangkat desa terlebih dahulu harus melakukan pendataan dan survei langsung ke rumah penerima BLT Dana Desa 2023.

Untuk bisa mengevaluasi apakah yang bersangkutan layak menerima BLT Dana Desa tahun 2023 atau tidak.

Jika dalam satu desa tidak terdapat keluarga yang miskin, maka perangkat desa bisa melihat daftar keluarga miskin di desa 1-4 sekitarnya.

Apabila tidak ada juga daftar keluarga miskin, maka perangkat desa bisa menyasar kepada keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pengguran.

Selain masyarakat yang tidak punya pekerjaan. Masyarakat yang memiliki keluarga yang sedang sakit kronis juga berhak menerima bantuan.

Penetapan peraturan pencarian BLT Dana Desa ini juga berlaku untuk calon penerima bantuan yang memiliki anggota rumah tangga tunggal lansia maupun difabel.

Kebijakan peraturan baru ini tentunya merupakan kabar baik bagi para penerima manfaat.

Jika sebelumnya BLT Dana Desa hanya ditetapkan untuk keluarga miskin saja. Sekarang semua keluarga miskin ekstrem bisa mendapatkan banyak Bansos.

Antara lain, PKH, Kartu Prakerja, Kartu Sembako, Bantuan Balita dan anak, Lansia dan program lainnya.

Untuk Anda yang sudah terdaftar dan ditetapkan sebagai penerima manfaat, Anda bisa segera menghubungi kantor desa tempat tinggal.

Tujuannya agar dana desa segera dicairkan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh masing-masing perangkat Desa.

Bagi masyarakat miskin yang belum melakukan pendaftaran. Tenang saja calon penerima bisa melakukan pendaftaran lengkapnya di sini beserta persyaratannya.

Calon penerima manfaat bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi ini dengan cara login terlebih dahulu link sid.kemendesa.go.id.

Berikut Adalah Langkah-langkah Pendaftarannya:

  1. Buka Google dan login melalui situs resmu sid.kemendesa.go.id.
  2. Setelah Berhasil login, silahkan pilihlah opsi pencarian data penerima BLT Dana Desa.
  3. Kemudian pilihlah pencarian data penerima dengan memasukkan nama Desa secara lengkap.
  4. Selanjutnya, calon penerima manfaat harus mengisi nama desa dan klik opsi Cari.
  5. Jika proses validasi pencarian data berhasil maka data akan segera muncul jika sesuai.
  6. Selesai penyaluran BLT Desa tahun 2023 bisa disalurkan sesuai tahapan.

Sebelum calon penerima manfaat login melalui link resmi BLT Dana Desa, calon penerima manfaat harus melalukan pendaftaran terlebih dahulu melalui satgas covid 19 yang sudah dipilih oleh Ketua RT, RW atau desa setempat agar di daftarkan.

Nantinya data warga desa yang sudah mendaftar akan diputuskan melalui form Musyawarah Desa.

Dengan adanya musyawarah yang dibuka maka akan dilakukan validasi, penyelarasan data, dan penetapan data penerima BLT Dana Desa 2023.

Hasil dari dokumen calon penerima bantuan berikutnya akan ditulis dalam berita acara yang akan ditandatangani oleh Kepala Desa dan Perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Melalui dokumen yang telah ditandatangani tersebut. Data Anda akan diserahkan kepada Bupati atau Wali Kota agar mendapatkan pengesahan.

Setelah mendapatkan surat pemberitahuan pengesahan dokumen calon penerima manfaat.

Kepala Desa akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada calon penerima bantuan sosial.

Untuk bisa diproses pembagian BLT Dana Desa 2023 dengan cara memberikan laporan data penyaluran kepada pemerintah kabupaten atau kota.

Jika warga desa sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, segera lakukan pengecekan sekarang dengan login link sid.kemendesa.go.id.

Calon penerima bansos dapat memastikan dengan jelas proses pencarian BLT Dana Desa sebesar Rp900 ribu melalui akses situs resmi sid.kemendesa.go.id.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul BLT Dana Desa 2023 Cair Rp900 Ribu, Ini Cara Daftar dan Aturan Barunya di Sini