Kapan Nuzulul Quran 2021 di Bulan Ramadhan 1442 H?

NKRIKU.COM – Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh pemeluk agama Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Ramadhan adalah Nuzulul Quran. Kapan Nuzulul Quran 2021 di Bulan Ramadhan 1442 H tahun ini?

Malam Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al-Quran itu terjadi pada hari ke 17 Ramadhan. Artinya, pada Ramadhan 1442 H ini Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 29 April 2021 menurut kalendar masehi

Berita Populer  Apa Itu Nuzulul Quran? Ini Penjelasan Singkatnya

Berikut adalah ulasan Nuzulul Quran tahun 2021.

Nuzulul Quran 2021

Baca Juga:
Sejarah Nuzulul Quran dan Keutamaannya

Salah satu peristiwa bersejarah yang ada pada bulan Ramadhan adalah Nuzuzul Quran, Nuzulul Quran adalah malam dimana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Saat peristiwa ini terjadi Nabi Muhammad sedang berada dalam Gua Hira, tepatnya pada 17 Ramadhan SH atau 6 Agustus 610 Masehi. Saat menerima wahyu pertama tersebut Nabi Muhammad berusia 60 tahun, saat itu pula malaikat Jibril menghampirinya dan menurunkan wahyu pertama yaki surat Al-Alaq ayat 1-5:

Berita Populer  Amalan Nuzulul Quran, Ini Doa yang Bisa Dipanjatkan

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakanDia telah menciptakan manusia dari segumpal darahBacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha PemurahYang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalamYang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam

Dalam wahyu pertama tersebut dijelaskan bahwa kala itu malaikat Jibril lah yang mengajarkan nabi untuk membaca dan menulis. Sampai saat ini seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadhan menurut kalender Hijriyah.

Berita Populer  Aturan Buka Bersama dan Sahur on The Road 2021 saat Pandemi

Ketika Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril ia merasakan dua hal berbeza, yang pertama mendengar suara lonceng yang berdengung begitu keras dan ia merasakan mengigil di seluruh tubuhnya.

Umumnya peristiwa Nuzulul Quran diperingati dengan melakukan pengajian, istighotsah, tahlil dan mengkhatamkan Al-Quran.

Baca Juga:
Tips Olahraga Saat Berpuasa Selama Ramadhan

Amalan Nuzulul Quran

Berita Terbaru