Kapolri Setuju Jalur Sepeda Permanen Dibongkar, Wagub DKI: Kita Pertimbangkan

NKRIKU.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal Kapolri Jendral Listyo Sigit yang setuju dengan usulan membongkar jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Riza mengaku akan mempertimbangkannya.

Riza mengatakan sejauh ini belum ada keputusan tetap mengenai pembuatan jalur sepeda permanen meski sudah dipasangin pembatas beton. Pihaknya masih melakukan pengkajian yang melibatkan banyak pihak.

“Gubernur belum mengeluarkan keputusan, tentu keputusan yang diambil nantinya akan mendengarkan masukan dari semua pihak termasuk masukan dari pak Kapolri,” ujar Riza di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Berita Populer  Idul Fitri saat Corona, Panglima TNI dan Kapolri: Kita Bersilaturahmi Tanpa Berjabat Tangan

Menurut Riza, sejauh ini jalur sepeda itu masin dalam tahap uji coba. Nantinya akan ada evaluasi selama pelaksanaan berjalan untuk menjadi dasar keputusan.

Baca Juga:
Bukan Dimutasi, Kapolri Diminta Bawa Kapolres dan Kapolda Nakal ke Ranah Pidana

“Sekali lagi semuanya masih dalam proses pembahasan diskusi evaluasi uji coba dan lain-lain,” katanya.

Ia pun menyebut nantinya keputusan yang diambil adalah demi mendukung kepentingan masyarakat luas. Politisi Gerindra ini menyebut akan mendengarkan berbagai masukan termasuk para ahli.

Berita Populer  Dimutasi usai Kasus Pembakaran Polsek Ciracas, Polisi Ini Sekarang Jadi Jenderal

Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). [NKRIKU.COM/Angga Budhiyanto]Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). [NKRIKU.COM/Angga Budhiyanto]

“Prinsipnya Pemprov DKI akan memberikan pelayanan terbaik bagi semua pihak, bagi pesepeda road bike, non road bike, pejalan kaki, pengguna sepeda motor, pengguna kendaraan pribadi, apalagi pengguna kendaraan umum,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit membongkar jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin, Jakarta. Mendengar usulan itu, Listyo mengaku sepakat.

Hanya saja, kata Listyo, pada prinsipnya terkait dengan jalur sepeda, sejauh ini kepolisian terus mencari formula yang cocok. Karena itu Polri berencana melakukan studi banding ke negara luar.

Berita Populer  Pasca Penembakan OTK di Mabes Polri, Rumah Kapolri Dijaga Ketat

Baca Juga:
Setuju Jalur Sepeda Permanen Dibongkar, Kapolri Segera Studi Banding ke Negara Tetangga

“Kami setuju masalah yang permanen itu dibongkar saja. Kami akan studi banding ke beberapa negara dekat kita,” kata Listyo dalam raker di Komisi III, Rabu (16/6/2021).

Studi banding dilakukan untuk melihat bagaimana pengaturan perihal rute sepeda baik sepeda yang digunakan untuk bekerja ataupun berolahraga. Selain rute, terkait dengan pemgaturan waktu kemudian pengaturan ruas wilayahnya juga ikut dikaji.

Berita Terbaru