Kasus Positif di Mayoritas Provinsi Prioritas Menurun

JAKARTA, NKRIKU – Perkembangan penanganan kasus Covid-19 pada 13 provinsi prioritas menunjukkan hal menggembirakan. Kasus positif pada mayoritas provinsi mengalami penurunan.

Namun, Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan, dari hasil pantauan kurun 9 – 15 November vs 16 – 22 November 2020, masih terdapat provinsi yang mengalami kenaikan pada kasus positif.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, ada 7 provinsi yang mendapat apresiasi karena cukup baik mengalami perkembangan karena terjadi penurunan penambahan kasus positif. Tujuh provinsi tersebut yakni Papua mengalami penurunan tertinggi sebesar 73,8%.

Berita Populer  Mampir ke Kasino setelah Positif Covid-19, Supir Truk Diselidiki Kemenkes

Setelah itu Jawa Tengah turun 31,2%, Jawa Barat turun 19,6%, Kalimantan Timur 9,8%, Bali turun 8,4%, Sumatera Barat turun 7,6% danAceh turun 6,7%.

“Perkembangan kasus positif terus bervariasi dalam penurunan dan kenaikannya. Per 22 November 2020, terdapat 7 provinsi mengalami penurunan dan 6 provinsi mengalami peningkatan kasus positif,” kata Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berita Populer  Pemerintah Sebut Kajian Kehalalan Vaksin Sinovac Sudah Beres

Meskipun jumlah provinsi yang mengalami penurunan lebih banyak dari jumlah provinsi yang mengalami kenaikan, namun perlu diwaspadai jumlah kenaikan kasus positif yang cukup tinggi. Riau mengalami kenaikan tertinggi sebesar 139,4%. Setelah itu Jawa Timur naik 44,4%, DKI Jakarta 23,9%, Sulawesi Selatan naik 18,8%, Kalimantan Selatan naik 10,4% dan Sumatera Utara naik 9,0%.

Berita Populer  Anies Baswedan Tarik Rem Darurat, Harga Emas Antam Lompat Drastis

“Hal ini menunjukkan, meskipun jumlah provinsi yang mengalami kenaikan lebih sedikit, namun persentase kenaikan tertingginya dua kali lipat dibandingkan persentase provinsi dengan penurunan tertingginya,” tutur Wiku.

Editor : Zen Teguh

Share

Share

Berita Terbaru