Kematian 90 Persen Lebih, Yogya Kebut Vaksinasi Covid-19 Lansia

NKRIKU, Yogyakarta – Kalangan lanjut usia atau lansia, rentang umur 60 tahun ke atas, hingga saat ini terus mendominasi kematian kasus akibat Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Dari total 894 kasus kematian akibat Covid-19 di DIY saat ini, sebanyak 90 persen lebih merupakan kalangan lansia,” ujar Juru Bicara Gugus Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih saat dihubungi Tempo, Ahad, 18 April 2021.

Berty yang juga menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DIY itu mengatakan lansia penting jadi prioritas pemberian vaksin karena kalangan ini terbukti masuk kelompok risiko tinggi keterpaparan virus yang lebih parah sehingga menyebabkan kematian.

Berita Populer  Kasus Corona Makin Banyak Jelang New Normal, Ini Kata Pakar Gugus Tugas

Ditambah, pada umumnya kalangan lansia ini juga penderita komorbid atau memiliki penyakit penyerta.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan hingga 14 April lalu vaksinasi lansia masih di angka sekitar 30 persen. Total lansia DIY yang teregistrasi vaksinasi mencapai 590-an ribu orang (sesuai data berjalan).

“Sehingga vaksinasi kelompok lansia perlu didahulukan dan dipercepat,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo saat dihubungi Tempo Ahad mengatakan telah ada instruksi Kementerian Kesehatan untuk memprioritaskan vaksinasi lansia karena risiko kematian kelompok ini tertinggi apabila sudah terpapar Covid-19.

Berita Populer  Amankan Vaksinasi Covid-19, Polri Kerahkan 83 Ribu Personel

Namun akibat terbatasnya stok vaksin, dari 44.187 jumlah lansia di Sleman yang sudah terdata awal, hingga saat ini yang divaksinasi baru sekitar 29 ribu orang.

“Seminggu kemarin dilakukan pendataan ulang dengan jemput bola oleh kader kesehatan dan jumlah lansia yang terdata bertambah menjadi 50 ribu lebih lansia,” kata Joko.

Menurut Joko, untuk data mutakhir ini akan divaksinasi serentak setelah tersedia vaksinnya.

“Mulai Senin, 19 April 2021, kami juga serentak menggelar vaksinasi khusus lansia di 52 fasilitas kesehatan di Sleman, dengan target 16 ribu lansia tervaksin dulu selama seminggu ke depan,” kata Joko.

Berita Populer  Sindir Konser Musik di Tegal, Satgas: Wakil Rakyat Harus Lindungi Rakyat

Setelah itu, vaksinasi akan dilanjutkan dengan model apabila stok vaksin sudah tersedia lagi.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan untuk mempercepar vaksinasi lansia, Dinas Kesehatan DIY akan melakukan jemput bola ke tiap kecamatan, panti jompo atau pun panti wreda, agar semakin banyak lansia yang divaksin.

“Untuk DIY, penduduk yang paling banyak kelompok lansianya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, sehingga alokasi vaksin Covid-19 paling banyak ke dua wilayah itu,” kata Pembajun.

Baca:
Kasus Penggumpalan Darah Bertambah, Vaksin AstraZeneca di Indonesia Jalan Terus

Berita Terbaru