Kemenhub Targetkan Proyek Jalur Ganda Solo-Kalioso Selesai Akhir 2023

NKRIKU, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memulai pembangunan rel ganda kereta api Solo – Semarang fase 1 segmen Solo Balapan – Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km’sp), yang sekitar 1,8 km nya akan dibangun secara layang (elevated).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan tersebut merupakan rencana pembangunan rel layang terpanjang di Indonesia, yang diharapkan dapat mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Surakarta.

Berita Populer  PUPR Pastikan Tarif 31 Ruas Tol Akan Dinaikkan di 2021

“Lalu lintas di Simpang Joglo ini sangat padat dan menjadi titik kemacetan. Dengan adanya penataan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah lalu lintas jalan dan pergerakan kereta api,” kata Budi Karya di sela acara Ground Breaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso dan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Joglo Kota Surakarta, Sabtu.

Berita Populer  Hunian Layak dan Tingkatkan Ekonomi, 3 Menteri Apresiasi Sarhunta Borobudur

Budi Karya menjelaskan, Kemenhub bersama Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Surakarta, bersinergi melakukan penataan perlintasan sebidang kereta api di Simpang Joglo.

Adapun penataan yang dilakukan yaitu, pertama, pembangunan rel ganda kereta api elevated (layang) sepanjang 1,8 km yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

Berita Populer  Natal dan Tahun Baru, Menhub: Penanganan Mobilitas di Ketapang Bisa Dicontoh

Desain konstruksi jembatan rel layang mengadopsi kearifan lokal yang ada kota Solo yaitu Batik Sidomukti, Pasar Klewer dan Keraton.

Berita Terbaru