Keutamaan Surah At Tariq Bagi yang Mengamalkannya

NKRIKU.COM – Surah At Tariq adalah surat ke 86 yang terdiri dari 17 ayat. Surat yang masuk dalam kelompok surat Makkiyah ini mempunyai banyak keutamaan. Berikut ini keutamaan surah At Tariq.

Kata At Tariq sendiri diambil dari kata taraqa-yatruqu yang mana mempunyai arti ‘mengetuk atau memukul menggunakan palu’. Dalam bahasa Indonesia, At Tariq memiliki arti ‘datang pada malam hari’.

Surah ini cocok dibaca saat malam hari yang bisa diamalkan sebelum atau sesudah shalat. Akan lebih baik setelah membacanya diakhiri dengan membaca doa.

Adapun isi kandungan surah yang diturunkan di Mekkah ini yaitu mengisahkan tentang awal penciptaan manusia dan keistimewaan bintang-bintang yang terhampar di langit. 

Berita Populer  Surat At Tin: Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti dan Keutamaan

Baca Juga:
Keutamaan Baca Surat Al-An’am, Surat ke-6 Dalam Al Quran

Diketahui, surah yang terdapat dalam Juz 30 ini terletak sesudah surat ‘Al Buruuj’ (Gugusan bintang). Pada ayat terakhir surat Al Buruuj dan ayat awal surat At Tariq memiliki makna yang sama yakni tentang bintang-bintang di langit.

Surah At Tariq sendiri ini memiliki banyak keutamaan. Nah, berikut ini keutamaan surah At Tariq mengutip dari kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi.

1. Mendapat banyak kebaikan

Keutamaan membaca surah At Tariq yaitu akan dilimpahkan banyak kebaikan. Hal tersebut tertuang juga dalam hadis Rasulullah seperti berikut: 

“Barangsiapa membaca surah ‘Was samaa-i wath thariq, maka Allah akan memberinya sepuluh kebaikan sebanyak hitungan bintang yang ada di langit”

Berita Populer  Surat Al Kahfi Ayat 1-10: Bacaan Latin, Arti dan Keutamaannya

Baca Juga:
Surat At Tin, Bacaan Latin dan Terjemah Beserta Keutamaannya

2. Dilindungi dari kejahatan

Dalam sebuah hadist menyebutkan bahwa keutamaan membaca surah At Tariq dilindungi dari kejahatan dan dijaga dari musuh-musuhnya. Adapun bunyi hadis tersebut yaitu sebagai berikut:

“Barangsiapa takut terjadi sesuatu pada dirinya, kemudian dia membaca surah Al-Thariq, maka Allah akan menjaganya dari musuhnya, dan Allah akan menghalanginya dari musuhnya.”

3. Agar tidak bersikap sombong

Perlu diketahui juga, surat At Tariq ini diturunkan sebagai bentuk sindiran kepada Abil Asyad karena kesombongan dan perbuatannya. Hal tersebut tercantum juga dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Abi Hatim yang bunyinya sebagai berikut:

Berita Populer  Makna Surat Al Kafirun Menurut Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Abil Asyad berkata: “Hai orang-orang Quraisy, barangsiapa yang dapat memindahkan aku dari kulit ini maka akan aku beri hadiah.”

Kemudian, ia juga berkata: “Muhammad menganggap bahwa penjaga pintu Jahannam berjumlah sembilan belas. Aku sendiri sanggup mewakili kalian mengalahkan yang sepuluh dan yang sembilan lagi aku serahkan kepada kalian”.

Melihat kesombongan dan perbuatan Abil Asyad tersebut, kemudian Allah SWT berfirman dengan menurunkan surah At Tariq yang berisi tentang penciptaan manusia dan bintang-bintang di langit.

Nah, itulah beberapa keutamaan surah At Tariq yang perlu diketahui dan bisa diamalkan oleh umat muslim dengan rajin membacanya.

Kontributor : Ulil Azmi

Berita Terbaru