Klaim Botolnya dari Kertas, Kemasan Innisfree Ketahuan Pakai Plastik

NKRIKU, Merek kosmetik Korea Selatan Innisfree dipaksa untuk mengklarifikasi klaim kemasan ‘botol kertas’ pada produknya. Pasalnya, label tersebut dinilai menyesatkan setelah seorang konsumennya memergoki bagian dalamnya berupa botol plastik.

Dalam unggahan di grup Facebook ‘No Plastic Shopping (Antibelanja Plastik), seorang warganet membagikan foto produk serum wajah merek tersebut. Di botol itu, tertulis label ‘Halo, Saya Botol Kertas’. Namun, setelah dibelah, ternyata itu hanya cangkang yang membungkus botol plastik di dalamnya.

“Saya merasa dikhianati begitu tahu produk botol kertas itu sebenarnya botol plastik,” tulis unggahan tersebut, dilansir dari Korea Herald.

baca juga:

Ia juga mengaku telah mengajukan keluhan resmi ke pusat konsumen tentang pelabelan ‘greenwashing’, suatu strategi pemasaran untuk memberikan citra ramah lingkungan tanpa benar-benar melakukannya.

Unggahan itu lantas viral dan menuai sejumlah komentar dari konsumen yang geram. Isu ini juga telah diangkat sejumlah media lokal sejak keluhan itu diunggah di media sosial awal pekan ini.

Setelah panen reaksi negatif, Innisfree segera mengakui bahwa label tersebut berpotensi menyesatkan.

“Kami menggunakan istilah ‘botol kertas’ untuk menyebutkan fungsi label kertas yang mengelilingi botol. Kami abai terhadap potensi penamaan itu bisa menyesatkan orang yang mengira seluruh kemasan terbuat dari kertas. Kami mohon maaf karena tak bisa menyampaikan informasi dengan cara yang tepat,” klaim Innisfree.

Namun, perusahaan itu juga berdalih bahwa botol plastik tak berwarna dapat didaur ulang dan ramah lingkungan karena menggunakan plastik 51,8 persen lebih sedikit daripada kemasan konvensionalnya. Mereka juga menambahkan telah menyertakan cara memisahkan dam mendaur ulang kemasan botol kertas tersebut.

Meski begitu, menurut konsumen yang mengunggah keluhan itu, penjelasan pembelaan diri dan respons perusahaan itu dirasa belum cukup.

Berita Terbaru