KMP Tunu Pratama Batal Uji Coba Rute Pammatata – Bira

Kapal KMP Tunu Pratama
bergabung di nkriku.com

Selayar, Nkriku.com — Kesiapan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tunu Pratama Jaya (TPJ), untuk melakukan pelayaran lintasan Pamatata- Bira. Tinggal menunggu kepastian dari Dinas Perhubungan Provinsi, setelah melakukan survey tentang kelaikan dan kelayakan, ahirnya batal melakukan uji coba sandar di Dermaga Pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Bira.


Dukung kami dengan ngelike fanspage Add Friend

Sedianya hari ini, Senin ( 11 -3/18), akan dilaksanakan uji coba Dermaga, setelah Tim  survey dari Dishub  Provinsi, diantaranya  dari Balai Pengelola Transportasi Darat(BPTD) yang dihadiri Benny Nurdin Y, Syahbandar UtamaMakassar, yang juga diikuti personil terpadu mulai dari bagian Dek, bagian Mesindan bagian Radio.

Rencana uji coba tersebut juga dihadiri langsung oleh Kadis Perhubungan Kepulauan Selayar, Andi Baso, SH, MH, didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan, Andi Nurdiayana serta juga hadir kepala UPT Pelabuhan Pamatata, Pamatata. Selain itu hadir pula Nur Syamsul dari Syahbandar Selayar, UPP Kelas II Benteng kepulauan Selayar.

Sementara dari pihak Kapal KMP TPJ 2888, dihadiri langsung pemilik kapal, H. Udin, Perwakilan Cabang Perusahaan, Parawansa serta Nakhoda KMP TPJ 2888, Adianto dan seluruh ABK .

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)Regional IV, Dinas Perhubungan Prov Sulsel, Benny Nurdin Y, diatas kapal KMP TPJ 2888, mengatakan bahwa kita mau bekerja untuk menuntaskan pekerjaan terkait pelayaran KMP Tunu Pratama Jaya di lintasan penyeberangan Pamatata Bira.

Dikatakan bahwa hadirnya semua unsur terkait rencana pelayaran KMP TPJ 2888, untuk melakukan peninjauan kapal sekaligus  rencana uji coba pelayaran dan sandar di dua pelabuhan tersebut, “Kita berharap agar segera direkomendasikan untuk menperoleh izin lintasan,” jelas Benny

Sementara itu pemilik kapal H. Udin yang ditemui terpisah mengatakan bahwa pihaknya berharap ada kepastian untuk berlayar dilintasan Bira Pamatata. Hal ini akan disampaikan ke Managemen Perusahaan untuk mengambil sikap.

“Kalau belum ada kepastian berlayar lintasan pammatata – bira sampai hari rabu kami akan tinggalkan selayar,” ujarnya kepada wartawan

Kehadiran kapal armada ini di Kepulauan Selayar selain untuk memperlancar hubungan transportasi Bira Pamatata, juga perlu diketahui bahwa ini adalah bisnis.

Olehnya itu semua yang menjadi persayaratan dalam pelayaran, semuanya kami lengkapi sarana yang ada. Juga pihaknya dalam rekruitmen tenaga ABK di kapal, perusahaannya mengutamakan putera daerah sebagai ABK untuk pemberdayaan tenaga kerja. (Mj)

bergabung di nkriku.com bergabung di nkriku.com