Komisi I DPR Minta Pemerintah Bergerak, Jangan Anggap Sepele Seruan Papua Merdeka

“Pemerintah harus meredam pergolakan yang terjadi di Papua. Pemerintah juga harus mencari dan mengetahui akar penyebab terjadinya pergolakan ini,” ucap anggota Komisi I DPR RI, Mohammad Iqbal kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/12).

Menurutnya, persoalan di Papua lebih tepat diselesaikan melalui pendekatan persuasif dengan melakukan dialog yang melibatkan pemerintah daerah, tokoh adat, serta dan tokoh masyarakat di Papua.

Berita Populer  Rayakan HUT Bhayangkara, Polri Gelar Rapid Test Di CFD Jakarta

“Tentu harapan kita dengan pendekatan persuasif ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan satu bangsa dan satu tanah air di dalam bingkai NKRI,” tutupnya.

Massa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) sebelumnya menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta, Selasa (1/12).

Berita Populer  Iwan Sanusi Libere, Selaraskan Dua Profesi Yang Berbeda

Aksi tersebut digelar untuk memperingati HUT OPM yang dilaksanakan secara serentak di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Ambon, Makassar.

Dalam aksinya mereka menuntut adanya referendum bagi rakyat Papua Barat, penolakan otonomi khusus jilid 2, hingga penarikan militer organik dan nonorganik.

Berita Populer  Benarkah Israel Negara Apartheid?

Berita Terbaru