Kondisi Keuangan Amburadul Setiap Bulan? Ini 6 Tips Cara Mengatasinya!

NKRIKU, Di tengah pandemi Covid-19 saat ini wajar bila kondisi keuangan sedikit goyang. Namun demikian, apabila kondisi keuangan sudah tidak kunjung membaik saat pandemi Covid-19 berlalu, maka hal itu patut dipertanyakan.

Sebab, bisa jadi itu adalah imbas akibat kamu salah mengelola keuangan sehingga kondisi finansial tidak mengalami perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu.

Untungnya kamu sadar, sehingga berbagai koreksi bisa segera dilakukan agar kondisi keuangan perlahan-lahan membaik seperti yang diharapkan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya?

baca juga:

Daripada tak kunjung menemukan jawaban, yuk terapkan 6 tips seperti yang dilansir dari Cermati.com berikut ini.

1. Tata Kembali Pengeluaran Per Bulan 

Anggaran yang selama ini dijadikan pedoman belum tentu sesuai dengan realita pengeluaran di lapangan. Akan lebih baik kalau kamu melakukan penataan ulang untuk setiap pos yang menjadi pengeluaranmu selama satu bulan. Penataan ulang akan membantumu mendapatkan gambaran yang nyata, sehingga uang yang kamu keluarkan sesuai dengan rencana.

Mengingat penataan ini memerlukan perhitungan dan pengamatan detail, sebaiknya luangkan waktumu agar bisa mengerjakannya secara santai. Dengan demikian, kamu dapat menyusun anggaran yang tepat, pada bulan ini. Kemudian menggunakan anggaran ini sebagai pedoman untuk menyusun anggaran di bulan berikutnya.

2. Prioritaskan Kebutuhan Sehari-hari 

Ada dua golongan biaya yang harus dipenuhi dalam satu bulan, yaitu kebutuhan dan keinginan. Berhubung karena kamu sedang dalam tahap memperbaiki finansial, maka prioritaskan apa yang menjadi kebutuhanmu saja. Sedangkan keinginan dikesampingkan untuk sementara waktu karena sifatnya yang tidak terlalu urgent juga.

Editor: Prabawati Sriningrum

Berita Terbaru