Kontrasepsi Jadi Item Paling Dicari di Apotek selama Pandemi

NKRIKU.COM – Selama masa pandemi virus corona yang telah berlangsung lebih dari enam bulan, apotek menjadi salah satu toko yang peminatnya tinggi. Bahkan bisnis apotek menjadi salah satu bidang yang diuntungkan dalam masa ini, terutama pada segmen produk peningkatan vitalitas dan daya tahan tubuh.

Dalam sebuah survei yang dilakukan DKT Indonesia, terungkap bahwa alat kontrasepsi menjadi salah satu item paling banyak dicari di apotek selama masa pandemi.

Berita Populer  Janin Kurang Aktif Bergerak, Rangsang dengan Cara Ini

“Sebanyak 40% responden mengaku bahwa kontrasepsi menjadi salah satu item yang paling banyak dicari di apotek selama masa pandemi,” kata Aditya A. Putra, Head of Strategic Planning DKT Indonesia dalam webinar Hari Kontrasepsi Sedunia 2020, Kamis (24/9/2020).

Kontrasepsi berada di urutan ketiga produk paling dicari di apotek. Di urutan pertama ada vitamin sebanyak 82%, kemudian peralatan medis 76%. Di bawah kontrasepsi, ada obat bebas dengan 26%, dan obat dengan resep dokter 4%.

Berita Populer  Ini yang Harus Dilakukan agar Terhindar dari Risiko Placenta Accreta saat Hamil | NKRIKU

Aditya mengatakan, pil KB dan kondom adalah kontrasepsi yang paling tersedia di apotek dan tidak terjadi perubahan pola ketersediaan dari masa sebelum pandemi hingga masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun berbeda dengan pil KB dan kondom, kontrasepsi dengan layanan suntik KB mengalami penurunan pada masa penetapan PSBB.

“Tapi sudah mulai meningkat pada periode satu sampai dua bulan terakhir. Secara umum tidak terjadi perubahan pola rekomendasi metode secara drastis,” lanjut Aditya.

Berita Populer  5 Makanan untuk Kecerdasan Otak Bayi Sejak dalam Kandungan

Dalam survei ini juga terungkap adanya peningkatan frekuensi aktivitas seksual yang dilakukan oleh kelompok pasangan usia muda. Deputi Bidang KB KR BKKBN, dr. Eni Gustina mengimbau agar pasangan usia subur tetap menggunakan kontrasepsi meski sudah memutuskan untuk menunda kehamilan.

“Gunakan kondom atau pil KB jika tidak memungkinkan pergi ke tempat pelayanan KB. Dan gunakan KB pasca persalinan bagi ibu yang melahirkan pada saat pandemi ini,” pungkas dr. Eni.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru