KPK Sita Alat Komunikasi dan Dokumen Bansos dari Hasil Geledah Rumah Orangtua Ihsan Yunus

Laporan Wartawan NKRIKU, Ilham Rian Pratama

NKRIKU, JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita alat komunikasi dan sejumlah dokumen penting terkait kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 di Kementerian Sosial untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Barang-barang itu diamankan saat tim penyidik menggeledah rumah di Jalan Raya Hankam Nomor 72 Cipayung, Jakarta Timur dan rumah di Perum Rose Garden Nomor 15, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (12/1/2021) kemarin.

Berita Populer  Kasus Suap Perkara di MA, KPK Panggil Anak Nurhadi

Berdasar informasi, rumah beralamat di Cipayung merupakan milik orangtua Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari fraksi PDI Perjuangan Ihsan Yunus.

“Dari proses kegiatan tersebut diamankan alat komunikasi dan juga sejumlah dokumen terkait perkara ini,” ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Rabu (13/1/2021).

Berita Populer  Polemik Kartu Prakerja: Ada Potensi Kerugian Negara Hingga Respons Istana

Ali menyatakan, tim penyidik akan menganalisis barang-barang tersebut.

Baca juga: Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, LOGIN dtks.kemensos.go.id & Simak Cara Mencairkannya

Nantinya, alat komunikasi dan dokumen tersebut akan menjadi barang bukti dalam proses penyidikan kasus ini.

“Selanjutnya akan dilakukan analisa dan segera dilakukan penyitaan untuk menjadi barang bukti dalam perkara ini,” kata Ali.

Berita Populer  KPK Era Firli Bahuri Cs Disebut Masa Paling Suram

Diketahui, Komisi VIII DPR memiliki ruang lingkup tugas salah satunya di bidang sosial dengan mitra kerja Kementerian Sosial.

Tak tertutup kemungkinan, tim penyidik akan memeriksa Ihsan Yunus untuk mendalami kasus ini, termasuk mengonfirmasi barang-barang yang telah diamankan tim penyidik.

Baca juga: Cek Penerima Bansos Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id, Berikut Cara Mencairkan Dananya

Sumber: Tribunnews

Berita Terbaru