KPK Usut Sosok King Maker di Kasus Djoko Tjandra

JAKARTA, NKRIKU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengusut sosok King Maker dalam kasus Djoko Tjandra. Sosok tersebut pertama kali disampaikan Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamain Saiman.

Guna menelisik keberadaan sosok tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun memeriksa Boyamin. Hal itu disampaikan Boyamin usai dimintakan keterangan lembaga antirasuah tersebut.

“Saya tadi diskusi, saya diundang lewat email oleh KPK. Jadi saya menjelaskan berkas yang saya bawa kemarin, antara lain ada 10 halaman penting dari total 200 halaman. Kalau dokumen saya sampah, saya rasa tidak mungkin KPK undang,” ujarnya usai menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Berita Populer  Djoko Tjandra Ditangkap di Kuala Lumpur, Malam Ini Tiba di Bandara Halim

Sosok King Maker, menurut Boyamin, merupakan pihak yang menggerakkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari dan teman dekatnya bernama Rahmad untuk menemui Djoko Tjandra di Malaysia. King Maker juga merupakan pihak yang mengetahui pengurusan permintaan fatwa ke Mahkamah Agung (MA) agar Joko Tjandra terbebas dari eksekusi.

“Kemudian King maker ini mengetahui proses-proses itu. Tapi ketika Pinangki pecah kongsi dengan Anita (Anita Kolopaking, pengacara Doko Tjandra), seolah-olah yang mendapat rezeki hanya Anita, lalu King Maker ini membatalkan dan membuyarkan semuanya, istilahnya ‘kalau gue enggak makan, ya lu enggak makan’. Ini tugas KPK membongkar semua,” tuturnya.

Berita Populer  Bareskrim Tak Hadir, Sidang Praperadilan Irjen Pol Napoleon Ditunda Pekan Depan

Namun Boyamin tidak mau menyebut siapa sosok King Maker. Hal tersebut merupakan tugas KPK dan aparat penegak hukum.

“Ya pokoknya gini loh, saya hanya merumuskan begini ada penegak hukum, ada swastanya dan ada yang sudah pensiun, ada yang belum. Begitu ajalah gambarannya biar KPK nanti yang mendalami karena inikan kalau aku terlalu jauh berartikan menuduh orang dan itu bukan kapasitasku,” katanya.

Berita Populer  Tersangka, Kadis PUPR Lamsel Ditahan di Rutan KPK 20 Hari

Boyamin berharap KPK dapat mengungkapkan siapa sosok ‘King Maker’ dalam kasus Djoko Tjandra. Bahkan KPK dapat membongkar siapa saja pihak-pihak lain yang terlibat.

“Permintaan saya jelas. Ini harus diambil alih. Kalau tidak diambil alih, lakukan penyelidikan baru terhadap pihak lain karena KPK bisa mengambil alih dari penegak hukum lain,” ucapnya.

Editor : Djibril Muhammad

Share

Share

Berita Terbaru