Kriteria Suami yang Dapat Membawa Istri ke Surga Menurut UAS

NKRIKU.COM – Berikut ini adalah kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga menurut penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Selain istri yang berbakti, peran suami dalam rumah tangga juga sangat penting. Ada beberapa kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga.

Salah satu perilaku yang dapat membawa seorang perempuan untuk mendapatkan pintu surga adalah taat kepada suami. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi)

Salah satu kewajiban yang harus dijalani dalam berumah tangga adalah menjaga keharmonisan. Kehidupan dalam rumah tangga harus terus dijaga agar tidak ada selisih maupun salah paham antara suami dan istri.

Berita Populer  Viral Pria Pamer Tumpukan Uang Hasil Berhenti Merokok, Reaksi Istri Disorot

Baca Juga:
5 Doa Agar Terhindar Banjir, Hujan Deras Tidak Berakhir Bencana

Dalam hadist Rasulullah SAW berpesan kepada sahabat dari kalangan kaum wanita, “Perhatikanlah bahwa posisimu dari dirinya (suami), karena sesungguhnya dia adalah surgamu dan nerakamu.” (HR Ahmad).

Suami memiliki kewajiban kepada istri dan anak-anaknya dan begitu pun istri yang harus taat kepada suami. Menurut Ustadz Abdul Somad (UAS), untuk menjadi suami dan kepala keluarga yang baik harus memperhatikan masalah pendidikan anak, memberi makan, diberikan pakaian, tempat tinggal, dan perhatian.

Lebih lengkapnya berikut ini adalah kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga.

1.     Memiliki akhlak mulia dan berbuat baik kepada keluarga

Kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga yang pertama adalah memiliki akhlak mulia dan selalu berbuat baik kepada keluarga.

Berita Populer  Nyesek! Gegara Kondom Bekas Masih 'Nyangkut', Perselingkuhan Istri Tersingkap

Baca Juga:
5 Doa Membangun Keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah

Hal ini pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW melalui hadistnya yang berbunyi, “Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang terbaik akhlaknya. Dan yang terbaik diantara kamu semua adalah yang terbaik akhlaknya kepada istrinya.” (HR. Tirmidzi)

2.     Berbakti kepada orangtua dan tidak mengabaikan keluarga

Kriteria selanjutnya adalah suami yang berbakti kepada orangtua dan tidak meninggalkan keluarganya.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Orangtua adalah pintu Surga yang paling tengah, apabila kau mau maka sia-siakanlah pintu tersebut atau peliharalah.” (HR. Tirmidzi).

3.     Beramal saleh

Suami harus selalu beramal saleh. Dengan beramal saleh, seorang suami akan memiliki tempat mulia di mata Allah SWT.

Berita Populer  Masa Ketika Anak, Istri, dan Cucu adalah "Orang Lain"

Sikap ini menjadi kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga yang ketiga.

4.     Beriman kepada Allah SWT

Suami harus mengajak dan membimbing istri dan anaknya untuk dekat dengan Allah SWT dengan mentaati seluruh perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS: An-Nisaa’: 34).

Itulah kriteria suami yang dapat membawa istri ke surga menurut penjelasan UAS. Semoga informasi ini mencerahkan Anda.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terbaru