KSSK: Kondisi Sistem Keuangan Nasional Normal per Triwulan I-2021

NKRIKU Menteri Keuangan sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sistem keuangan nasional pada tiga bulan pertama 2021 dalam kondisi normal.

“Stabilitas sistem keuangan triwulan I-2021 dalam kondisi normal di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung,” katanya pada konferensi pers secara virtual, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Menkeu menegaskan berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi guna menjaga KSSK dan momentum pemulihan ekonomi.

Berita Populer  Sri Mulyani: Tren Pemulihan Ekonomi Indonesia Berlanjut di Februari

“Dan juga memperkuat sinergi agar stabilitas sistem keuangan dapat terus terjaga bersamaan dengan mengawal momentum pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Di sisi lain, membaiknya prospek pemulihan ekonomi global dibayangi oleh meningkatnya kembali kasus Covid-19. Tren penguatan kinerja perekonomian global berlanjut di awal tahun 2021, tercermin dengan menguatnya Purchasing Managers’ Index (PMI) serta meningkatnya pertumbuhan volume perdagangan global dan harga komoditas.

Selain itu, progres pelaksanaan vaksinasi global, khususnya di sejumlah negara maju juga mendorong optimisme pemulihan ekonomi yang lebih cepat. World Economic Outlook (WEO) IMF bulan April 2021 merevisi ke atas proyeksi pertumbuhan global 2021 dari 5,5 persen menjadi 6,0 persen.

Berita Populer  Nggak Perlu Ngutang Untuk Vaksin Corona Gratis

Namun demikian, optimisme tersebut juga dibayangi dengan melonjaknya kembali kasus Covid-19 global.

Sementara, arah pemulihan ekonomi domestik terlihat sejalan dengan menurunnya kasus Covid-19 yang didukung oleh perkembangan program vaksinasi.

“Hingga Maret 2021, sejumlah indikator dini ekonomi menunjukkan arah perbaikan. Data PMI yang telah berada pada zona ekspansi terus melanjutkan tren penguatan, sementara kinerja ekspor terus membaik, inflasi terkendali pada level yang relatif rendah, sedangkan cadangan devisa mencapai US$137,1 miliar atau setara dengan 10,1 bulan impor,” jelasnya.

Berita Populer  Kemenkeu Kucurkan Insentif ke 131 Ribu Pengusaha Selama 2020

Tak hanya itu, tambah Menkeu, vaksinasi juga berjalan cukup baik, dengan jumlah dosis vaksin yang diberikan mencapai 20 juta per 30 April 2021. []

Berita Terbaru