Kumpulkan 8 Ribu Lebih Makanan Palsu, Perempuan Jepang Catatkan Rekor

NKRIKU, Akiko Obata, seorang perempuan Jepang, mencatatkan diri di buku Guinness World Records setelah berhasil mengumpulkan ribuan makanan plastik, termasuk di antaranya adalah Sampuru. Sampuru, atau pajangan makanan palsu biasa digunakan oleh restoran untuk memajang replika menunya.

Dilansir dari Oddity Central, Sampuru merupakan bagian penting dari budaya makanan Jepang. Sampuru dianggap lebih unggul dalam menampilkan visual menu makanan kepada pengunjung restoran ketimbang hanya memperlihatkan buku menu.

Obata telah terpesona pada makanan plastik sejak masih kecil. Saat itu, saudara perempuannya membawa pulang sejumlah pajangan makanan palsu yang dibuang dari restoran tempatnya bekerja. Bagi Obata kecil, semua hidangan palsu itu tampak begitu nikmat.

baca juga:

Namun, Obata baru mengumpulkan makanan palsu sejak 15 tahun yang lalu. Memiliki lebih dari 8.000 barang, koleksinya terdiri dari magnet, mainan, replika makanan, alat tulis, hingga gantungan kunci.

“Replika bukanlah makanan asli, tapi saya benar-benar menghormati bagaimana setiap replika dibuat agar terlihat begitu nyata,” ujar perempuan yang tinggal di dekat Bandara Narita.

Obata memiliki sebuah ruangan di rumahnya yang didedikasikan untuk memajang koleksi makanan plastiknya. Disebutkan, perwakilan Guinness membutuhkan waktu satu hari penuh untuk memeriksa 8083 koleksi milik Obata.[]

Editor: Anugrah Harist Rachmadi

Berita Terbaru