oleh

Kunker Ke TN Gunung Merapi, Alam Jurang Jero, Presiden Didampingi Menteri LHK

Magelang .NKRIKU.Com –.Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri LHK , Siti Nurbaya menggelar kunjungan kerja ke Wisata Taman Nasional gunung Merapi, Alam Jurang Jero, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Jumat (14/02).

Dalam kunjungan kerjanya Jikowi menegaskan nmupaya pemulihan lingkungan, baik di dalam kawasan hutan negara, maupun lahan masyarakat.

“Kita ingin memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem, satwa, flora fauna, juga penanaman kembali, reboisasi, di kawasan-kawasan yang sering banjir, tanah longsor,” ujar Presiden Jokowi,

Kawasan hutan hingga sekarang masih dalam proses reboisasi, pasca erupsi besar di tahun 2010.

“Tadi saya sampaikan untuk menanam vetiver, tanam tanaman yang fungsi hijaunya ada juga fungsi ekonominya juga ada. Saya kira itu akan terus saya dorong,” ucapnya.

Reboisasi disini penting dilakukan, karena wilayah Srumbung merupakan lereng Gunung Merapi yang dibawahnya rata-rata adalah pemukiman. Lanjut Jokowi.

Tercatat jumlah desa di sekitar Taman Nasional Gunung Merapi sebanyak 30 desa. Jadi, upaya rehabilitasi di kawasan ini terus dilakukan.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pengayaan tanaman bawah atau underneath untuk menjaga stabilitas tanah di kelerengan. Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon Pulai (Alstonia scholaris), bersama masyarakat yang selama ini memanfatkan jasa lingkungan Gunung Merapi seperti “Pencinta Merapi Harmonis“, juga bersama pramuka dan TNI. Wilayah yang ditanami ini, termasuk zona rehabilitasi TN Gunung Merapi.

Loading...

Baca Juga: