by

Latihan Soal Pretest PPG Pedagogik Level 2 Tahun 2022

Pasang


Latihan Soal Pretest PPG Pedagogik Level 2 Tahun 2022 – Latihan soal pretest ppg pedagogik ini terdiri dari 20 level, setiap level terdiri dari 10 soal. Untuk dapat mengerjakan soal level selanjutnya, harus mendapatkan nilai minimal 7 jawaban benar dari 10 nomor soal, jika nilai benarnya 6 ke bawah, halaman akan otomatis melakukan refresh dan ulangi menjawab soal sampai dinyatakan lulus dan lanjut ke level selanjutnya.

Petunjuk:
Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Tanpa batas waktu
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1)
(3) Pemeriksaan hasil tes dilakukan melalui sistem komputerisasi; Klik tombol lihat hasil di bagian bawah untuk melihat hasil jawaban. Selamat mencoba.

1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a. Media gambar
b. Media benda nyata
c. Media grafis
d. Media poster
e. Media cetak

2. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:
a. Status Sosial
b. Moral
c. Etnik
d. Minat
e. Motivasi

3. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
a. Minat
b. Motivasi
c. Etnik
d. Kultural
e. Status social

4. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
a. Kemampuan awalnya
b. Motivasi belajarnya
c. Perkembangan sosialnya
d. Perkembangan emosinya
e. Perkembangan motoriknya

5. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a. Etnik peserta didik
b. Gaya belajar peserta didik
c. Gender peserta didik
d. Minat peserta didik
e. Kultural peserta didik

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:
a. Etnik
b. Minat
c. Gender
d. Status social
e. Kultural

7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:
a. Motivasi
b. Kultural
c. Sosial
d. Status sosial
e. Etnik

8. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
a. Akibat perbuatan
b. Persetujuan orang lain
c. Kontrak/imbal jasa
d. Ketertiban sosial
e. Hati nurani

9. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
b. Menggunakan program audio dan modul.
c. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
d. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
e. Menggunakan modul dan powerpoint.

10. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Meronce membuat kalung
b. Menendang bola
c. Memasang puzzle
d. Mewarnai pola
e. Menjiplak huruf


Klik lihat hasil apakah lanjut ke level berikutnya atau mengulang latihan soal

Berita Terbaru