Libur Panjang, Ketua RT/RW Diminta Ingatkan Warga Taati Protokol Kesehatan

NKRIKU, CIANJUR – Jelang libur panjang yang akan berlangsung mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020, Pemerintah Desa Sindanglaka meminta ketua RT/RW di lingkungannya untuk mengingatkan warga terkait protokol kesehatan.

Meski begitu, Kadus 1 Desa Sindanglaka M. Zaki Zakaria memprediksi momen liburan kali ini hanya sedikit warganya yang akan memanfaatkannya dengan bepergian.

Alasannya, menurutnya karena faktor ekonomi. Pandemi membuat pemasukan warga berkurang. Sehingga, warga diprediksi akan lebih memanfaatkan untuk kebutuhan lainnya dibandingkan liburan.

“Untuk liburan sebetulnya masyarakat agak bingung. Bingungnya itu ekonomi jadi seolah-olah masyarakat sekarang kuranglah kalau pemasukan. Jadi kemungkinan besar untuk masyarakat liburan pasti sedikit, di-cut dulu mungkin ya,” paparnya.

Begitupun dengan kedatangan dari warga luar daerah. Ia memprediksi juga akan terjadi pengurangan.

“Kalau pendatang, termasuk yang kerja, terus yang dari luar, ya alhamdulillah nggak ada sih sekarang mah jadi agak kurang jadi karena situasi ekonomi tersebut,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengingatkan RT/RW untuk aktif mengawasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan warga.

Zaki menambahkan, di masa pandemi saat ini, warga harus tetap mentaati protokol kesehatan meski menerima tamu atau kerabat di rumah sendiri.

“Selalu disosialisasikan kepada ketua RT. Apalagi kita punya grup Covid-19, ya Satgas, anggotanya itu desa, dari mulai kepala desa, perangkat semua masuk, kemudian bidan desa, Babinsa, Babinmas juga masuk, apalagi RT yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Suka disosilisasikan apabila ada pendatang dari luar tolong diingatkan kedatangannya, tetap protokol kesehatan diutamakan,” tandasnya.

Reporter : Gun Gun Gumilar

Berita Terbaru