LINK RESMI Pendaftaran BLT UMKM Sudah Dibuka DISINI!, Segera Isi Datamu Rp2,4 Juta Menanti

NKRIKU – Login siapbersamaumkm.com, sudah dibuka, belum daftar BLT UMKM, segera isi datamu Rp2,4 juta menanti, klik link resmi dari kementerian Koperasi dan UKM.

Kemenkop telah membuka pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta atau Bantuan Presiden (Banpres) Produktif UMKM secara online Anda bisa mendaftar secara online dan pendaftaran masih dibuka hingga akhir November 2020.

Setiap pelaku UKM dapat mendaftar dan bagi yang lolos akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp2,4 juta.

Dikutip RINGTIMES BALI dari siapbersamaukm.com Kamis 22 Oktober, berikut pendataan BLT UMKM untuk dapat dilengkapi oleh para pelaku KUKM, melalui jalur-jalur resmi berikut ini:

– Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Provinsi/ Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia
– PPKL dan Konsultan Pendamping PLUT yang melakukan pendataan di lapangan
– Pendamping KUMKM: ABDSI, ICSB, Fokus-Lunas dan Lapenkop
– Institusi/ Asosiasi/ Perkumpulan/ Komunitas yang diberikan Surat Keterangan Resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Tertulis Anda akan membutuhkan sekitar 15 menit untuk mengisi formulir ini. Identitas pribadi dan data yang terkumpul akan dilindungi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Anda akan diminta untuk menulis informasi tentang usaha Anda seperti menyebutkan nama organisasi/ afiliasi atau jejaring Anda, Nomor Induk Kependudukan/NIK (Penting diisi untuk verifikasi), Nama Pelaku Usaha (sesuai NIK), Alamat (sesuai NIK), Mohon informasi jenis kelamin Anda selaku pemilik/ pengelola UMKM, Nama Usaha/Brand, Alamat lokasi usaha (Penting diisi untuk verifikasi), Nama Provinsi, Nama Kabupaten/Kota, Nama Kecamatan, Nama Kelurahan/Desa, Lokasi Usaha

Dalam link tersebut Anda juga diminta untuk melengkapi jenis usaha Anda, lokasi usaha Anda, apakah berbadan hukum atau tidak.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kemenkop UKM membuka pendaftaran BLT UMKM dengan kuota 3 juta pelaku usaha mikro yang pendaftarannya akan ditutup pada akhir November 2020.

Program ini untuk mengurangi resiko akibat dampak pandemi Covid-19. Berikut syarat mendaftar BLT UMKM Rp2,4 juta di Dinas Koperasi kabupaten/kota masing-masing yang dikutip dari laman Kemenkop UKM:

– WNI
– Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
– Memiliki usaha mikro
– Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
– Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
– Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Syarat nomor 6 ini yang kerap membuat calon penerima BLT UMKM gagal lolos verifikasi.

Padahal, pelaku UMKM juga masih bisa mendaftarkan atau mengajukan diri meskipun alamat tempat usahanya berbeda dengan alamat di KTP dengan syarat menyertakan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Surat Keterangan Usaha (SKU) bisa didapatkan dari desa tempatnya berusaha.

Surat tersebut harus diberikan atau dilampirkan saat mendaftar. Semoga bermanfaat.***

Berita Terbaru