Lintasan Komet Baru Leonard Bisa Dilihat Mata Telanjang Hingga 31 Desember

NKRIKU, Jakarta – Sepanjang Desember ini lintasan komet Leonard bisa disaksikan pengamat di Indonesia dengan mata telanjang. “Musim hujan dan awan bisa menjadi penghalang utama untuk berburu komet saat ini,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi dari komunitas Langit Selatan, Senin, 6 Desember 2021.

Komet baru itu ditemukan Greg Leonard pada 3 Januari 2021 saat melakukan pengamatan langit di Observatorium Mount Lemmon, Tucson, Arizona, Amerika Serikat.

Komet C/2021 A1 (Leonard) itu ditemukan sedang menuju ke Matahari atau tengah dalam jarak terdekatnya dengan Matahari. Pada 12 Desember 2021, menurut Avivah, komet Leonard akan berpapasan dekat atau berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, yaitu hampir 35 juta kilometer. “Pada 18 Desember, komet Leonard akan dekat dengan Venus sejarak 4,2 juta kilometer,” ujarnya. 

Berita Populer  Rencana Kota Mars, Dapat Menampung 1 Juta Orang

Dari laman Langit Selatan, komet Leonard memiliki periode orbit 80 ribu tahun dengan orbit hiperbola. Itu berarti komet ini hanya melintas Tata Surya satu kali dan tidak akan kembali lagi. Komet Leonard yang datang dari awan Oort, sudah memasuki orbit Neptunus sejak Mei 2009 setelah menghabiskan 40 ribu tahun perjalanan dari jarak 3700 AU atau 550 juta kilometer. 

Berita Populer  Dampak PSBB, Matahari Rugi Rp 873,18 Miliar Sepanjang Tahun 2020

Waktu terbaik pengamatan jika langit cerah yaitu sebelum mendekati Bumi pada 12 Desember, yaitu sebelum matahari terbit. Sampai 10 Desember, komet Leonard bisa diamati di arah timur. Pada 11 Desember, bintang berekor itu sulit diamati karena posisinya sangat rendah di ufuk timur. Adapun pada 12-13 Desember sama sekali tidak bisa diamati karena muncul setelah Matahari terbit dan hilang sebelum Matahari terbenam.

Mulai 14 Desember, komet Leonard akan tampak setelah Matahari terbenam dengan kecerlangan yang meredup. Pada 17 Desember, posisi komet itu tidak jauh dari Bintang Kejora di langit senja. Komet akan terlihat terus menanjak di langit barat sampai akhir Desember. Setelah pertemuan dengan matahari, komet Leonard tidak akan kembali lagi dan terlontar keluar dari Tata Surya.

Berita Populer  Matahari Bantah Kabar Diskusi Soal Investasi oleh Perusahaan Digital

Baca:
Komet Diameter Hingga 370 Kilometer Sedang Dekati Matahari, Ini Datanya
 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru