Lukas Enembe Minta Kepala Daerah Papua Hemat Biaya Rapat, Hilangkan Mark-Up

NKRIKU, Jakarta – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepala daerah di wilayahnya untuk melakukan pemantauan efektifitas kegiatan dan anggaran secara berkala secara bulanan atau triwulan.

“Hal ini untuk meyakini semua program kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah berjalan maksimal serta terus melakukan perbaikan,” kata Lukas di Jayapura, Rabu 8 Desember 2021.

Berita Populer  Pertamina Kirim BBM ke Oksibil: 7 Kali Ganti Moda, Biaya Logistik 8 Kali Lipat

Menurut Lukas, kepala daerah juga diminta memperbaiki koordinasi dan sinergi baik antar kementerian atau lembaga, antar pemerintah daerah maupun antara pemerintah pusat dan daerah sehingga target output kegiatan pembangunan dapat dicapai dengan efektif juga efisien. 

Berita Populer  Sri Mulyani Minta Kemenkeu Siapkan APBN untuk Tangani Dampak Erupsi Semeru

“Kepala daerah juga harus memastikan alokasi anggaran difokuskan pada kegiatan utama, yang langsung dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan kepala daerah juga diminta melakukan pembatasan dan penghematan-penghematan belanja-belanja pendukung seperti biaya rapat, perjalanan dinas serta honorarium.

Berita Populer  Pendapatan Telkom Semester I 2021 Naik 3,78 Persen Jadi Rp 69,48 T

“Kepala daerah diminta menghilangkan penyalahgunaan anggaran, baik dalam bentuk pemborosan, mark-up, maupun perbuatan menyimpang lainnya,” ujarnya.

Berita Terbaru