Luncurkan Seragam Netral Gender, Siswa Laki-laki di Taiwan Boleh Pakai Rok

NKRIKU.COM – Desainer pakaian pria Taiwan Angus Chiang telah merilis koleksi seragam sekolah yang sepenuhnya netral gender. Desain seragam itu menunjukkan bahwa siswa laki-laki boleh mengenakan rok.

Seragam yang disebut Project Uni-Form itu diluncurkan bulan ini oleh Chiang, agensi media Ogilvy dan grup media Conde Nast Taiwan di acara fashion di Taipei, sebagaimana dilaporkan Asia One, Rabu (21/10/2020).

Peluncuran seragam itu menambah suasana pro LGBT di lingkungan sekolah. Taiwan sendiri memang memiliki reputasi sebagai pemimpin hak LGBT di kawasan Asia Timur.

Tahun lalu, sebuah sekolah di Taiwan memainkan perannya dengan memberikan pelajaran tentang keragaman dan inklusi.

Baca Juga:
Pria Ini Pilih Pakai Rok dan Sepatu Hak Tinggi ke Kantor, Ini Alasannya

Sekolah Menengah Atas bernama Banqiao Kota Taipei Baru memberikan persetujuan kepada anak laki-laki untuk mengenakan rok ke sekolah sebagai promosi kesetaraan gender.

“Ini untuk mendorong kemandirian siswa dalam memilih seragam dengan tetap menghormati hak-haknya,” kata pihak sekolah saat itu.

Matt Kuo, seorang siswa berusia 16 tahun dari Xue Xue Institute di Kota Taipei, yang menjadi model seragam pada peluncuran mengaku senang dengan desain seragam yang ada.

Siswa lain, siswa kelas 11 di Sekolah Tinggi Perdagangan Shilin Kota Taipei menganggap desain seragam netral gender baik untuk sarana mengekspresikan diri.

Ogilvy mengklaim koleksi ini adalah seragam sekolah netral gender pertama di dunia. Selain seragam, koleksi Uni-Form terdiri dari baju renang dan mantel olahraga.

Baca Juga:
Berburu Kuliner Paling Populer Asal Taiwan

“Kami berharap masyarakat yang lebih baik dengan dukungan Project Uni-form untuk bergabung dalam percakapan,” kata seorang juru bicara Ogilvy.

Berita Terbaru