Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Garam Putih Atau Garam Merah Muda?

NKRIKU.COM – Garam merupakan bumbu dapur yang sangat populer, tanpa garam masakan tidak akan lezat, itulah kenapa bumbu dapur yang satu ini tidak bisa untuk dihindari.

Menambahkan sedikit garam pada makanan tidak memberikan rasa, tapi ini jauh lebih sehat dan bergizi.

Garam secara umum adalah natrium klorida, mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjalankan beberapa fungsi seperti mengangkut dan menyerap nutrisi, menjaga tekanan darah, dan mengirimkan sinyal saraf.

Garam putih adalah jenis garam yang paling umum digunakan. Tapi jika menyangkut kesehatan garam merah muda selalu dianggap lebih baik. Benarkah demikian?

Berita Populer  Disfungsi Ereksi Menandakan Kamu Menderita Gangguan Tidur

Garam selalu dianggap penting untuk meningkatkan kesehatan, asalkan dikonsumsi secukupnya. Asupan garam yang tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penambahan berat badan.

Natrium yang berlebihan dalam makanan menyebabkan retensi air di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan fluktuasi timbangan. Tapi ini bukan satu-satunya cara garam mempengaruhi tubuh.

Garam merah muda disebabkan oleh adanya zat besi. Itulah alasan mengapa garam ini juga dikenal sebagai garam merah muda Himalaya atau garam Himalaya. Garam jenis ini disebut sebagai  finishing karena umumnya digunakan pada akhir memasak untuk menambah rasa dan kerenyahan.

Berita Populer  4 Tips Menjaga Peradangan Asma Tetap Terkendali saat Musim Dingin

Sementara garam putih atau garam meja umumnya  beryodium. Itu berarti diperkaya dengan yodium untuk mengatasi kekurangan nutrisi umum yang penting untuk mencegah penyakit seperti gondok dan tiroid.

Tapi garam jenis ini melewati proses yang sangat panjang, mulai dari melewati proses anti-caking, pemutihan, dan beberapa proses lainnya. Semua proses tersebut membuat nutrisi yang ada pada garam terkikis.

Berita Populer  Satu Pose Yoga Ini Baik Dilakukan Setiap Pagi untuk Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Jika ditanya jenis yang mana yang baik untuk menurunkan berat badan? Nah, kedua jenis ini hanya memiliki perbedaan kecil. Karena kedua jenis garam tersebut mengandung jumlah nutrium yang sama. Itu artinya jika asupan garam yang kamu konsumsi tinggi penambahan berat badan tak bisa dihindari.

Nah, jadi jika ingin menurunkan berat badan kamu harus mengurangi asupan garam, baik itu garam putih atau merah muda.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru