oleh

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, No. 7 Bikin Luar Biasa

Manfaat Buah Duku – Buah duku adalah buah yang mempunyai bentuk ukuran bulat kecil yang sering dikonsumsi untuk pencuci mulut. Akan tetapi buah ini dapat kita gunakan secara maksimal sebagai isian puding, selai dan yang lainnya. Buah duku yang masih mentah memiliki warna kehijauan dan rasa yang masam. Jika warna sudah mulai berwarna kekuningan maka ini merupakan tanda bahwa buah buku itu sudah matang dan memiliki rasa yang lebih manis. Terkadang ada juga yang menganggap bahwa buah duku itu pahit, akan tetapi rasa pahit tersebut dihasilkan jika kita menggigit biji yang terdapat dalam isi buahnya.

Buah Duku termasuk buah musiman. SUdah pasti anda ini sudah sering melihatnya belakangan ini.

Loading...

Buah duku banyak dihasilkan di daerah kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Bayu Asin, dan kabupaten Ogan Komering.

Jadi duku yang selama ini dijual di jakarta, pulau jawa dan sekitarnya itu bukanlah duku palembang.

Palembang itu hanyalah ikon karena Palembang adalah ibu kota propinsi.

Kandungan gizi pada buah ini juga tergolong cukup banyak dan sudah tentu sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

Buah duku memiliki kandungan energi sebanyak 63 kilo kalori, 16.1 gram karbohidrat, 0.2 gram lemak, 1 miligram zat besi, 9 miligram fosfor dan 18 miligram kalsium.

Selain daripada itu, pada buah duku juga memiliki kandungan vitamin C sebanyak 9 miligram, vitamin B1 sebanyak 0.05 miligram, dan vitamin A sebanyak 0 IU.

Hasil tersebut diperoleh dari banyak penelitian terhadap 100 gram buah duku dengan jumlah yang bisa dimakan sebanayk 64 %.

Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan

Manfaat Buah Duku sebagai Sumber Antioksidan

Buah duku memiliki kandungan vitamin C yang sangat berperan menjadi antioksidan. Antioksidan itu sendiri termasuk sebuah nutrisi yang memiliki fungsi menghindarkan tubuh dari terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang sudah mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga memiliki peran dalam mengindarkan tubuh dari terjadinya kerusakan yang telah disebabkan oleh polusi dan zat beracun.

Manfaat Buah Duku untuk Mencegah Penuaan Dini

Kegunaan buah duku yaitu untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini yaitu karna adanya radikal bebas. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa vitamin C yang terdapat pada buah ini terbilang sangat efektif dalam menjaga tubuh dari adanya serangan radikal bebas.

Vitamin C juga memiliki manfaat melindungi protein lipid, asam nukleat dan karbohidrat dari kerusakan yang telah disebabkan oleh adanya radikal bebas maupun racun atau polusi.

Manfaat Buah Duku untuk Menguatkan Gigi

Buah Duku memiliki manfaat dalam menguatkan gigi karena adanya kandungan fosfor yang terdapat di dalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengonsumsi buah duku. Hal tersebut juga dapat dioptimalkan dengan rajin mengonsumsi strawberry untuk menjaga kesehatan gigi.

Manfaat Buah Duku untuk Menjaga Kesehatan Gusi Gigi

Kesehatan gusi bisa dirawat dengan cara mengonsumsi vitamin C. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa buah duku memiliki banyak kandungan vitamin C sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. Kemudian kandungan vitamin C juga banyak kita temui pada manfaat jeruk, manfaat jeruk nipis dan manfaat jeruk lemon.

Manfaat Buah Duku untuk Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C sangat diperlukan bagi semua orang untuk dapat menjaga kesehatan tubuhnya. Dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada buah duku ini maka sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan berkhasiat untuk orang yang sedang berada dalam masa proses pemulihan.

Manfaat Buah Duku untuk Menurunkan Berat Badan

Buah duku memang tidak disangka ternyata dapat menurunkan berat badan. Buah duku ini dapat membantu tubuh anda untuk memperoleh carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini mesti diperhatikan bagi siapapun yang sedang ingin menurunkan berat badan jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa kurang energi dan merasa lelah.

Jadi jika carnitine dalam tubuh itu berkurang maka akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga dapat kita konsumsi secara bersamaan dengan apel yang untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Manfaat Buah Duku untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku memiliki kandungan serat yang tergolong sangat tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut seperti yang juga kita temukan pada manfaat buah pepaya. Selain daripada itu, buah duku ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Dengan adanya kandungan mineral, kalori dan zat besi pada buah duku ini maka akan dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh seperti yang ada di manfaat apel dan manfaat jeruk manis.

Manfaat Buah Duku untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit bisa kita jaga dengan cara rajin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E. Buah duku juga mempunyai kandungan vitamin E sehingga efektif dalam menjaga kesehatan kulit seperti membantu penyembuhan luka, menjaga kulit dari sinar ultra violet, menjaga kelembaban kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Meningkatkan Level Triglycide

Buah memang merupakan makanan sehat yang rendah kalori dan lemak sehingga banyak ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi buah dalam diet masyarakat. Tetapi, mengkonsumsi buah terlalu banyak juga bisa memberikan dampak yang negatif. U.S. Department of Agricultural menganjurkan porsi buah yang ideal untuk dikonsumsi adalah dua cangkir per hari. Salah satu dampak negatif dari mengkonsumsi buah secara berlebihan adalah meningkatnya level triglyceride. Triglyceride adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki potensi menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung tentu tidak bisa kamu anggap enteng kan?

Berbahaya untuk para penderita kanker

Penderita kanker memiliki beberapa pantangan makanan yang harus mereka hindari. Setiap makanan yang mereka konsumsi akan memberikan peran yang sangat besar terhadap proses kesembuhannya. Termasuk pula pantangan dalam memakan buah-buahan. Selain buah seperti lengkeng, nangka, nanas, durian dan anggur, duku juga termasuk dalam salah satu buah yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh penderita kanker. Hal ini dikarenakan, buah-buahan tersebut menghasilkan alkohol yang kemudian bisa memicu kembali sel kanker.

Manfaat Buah Duku untuk MEngendalikan Kadar Kolesterol

Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi para penderita penyakit kolesterol, hal ini bisa kita obati dengan cara mengonsumsi buah duku.

Manfaat Buah Duku untuk Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku memiliki manfaat yang efektif untuk mengobati diare dan bermanfaat dalam menurunkan panas atau demamn tinggi. Adapun cara mengobati diare dan demam menggunakan buah duku yaitu:

– Ambillah biji buah duku
– Tumbuklah bijinya hingga halus
– Campurkanlah dengan air
– Minumlah ramuan tersebut sehari satu kali.

Manfaat Buah Duku untuk Mengusir Nyamuk

Selain buahnya yang tergolong kaya manfaat, ternyata kulit buah duku juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk atau serangga seperti manfaat daun salam. Adapun cara untuk mengusir nyamuk menggunakan buah duku yaitu membakar kulit buah duku ketika akan digunakan untuk mengusir serangga atau nyamuk.

Manfaat Buah Duku untuk Menjaga Kelembaban Rambut

Siapa yang menyangka jika buah duku juga termasuk baik untuk dapat menjaga kelembaban rambut kamu secara alami karena adanya kandungan nutrisi yang ada didalam buah duku. Selain karena menyantap buah duku, ternyata buah duku dapat menjaga kelemababan rambut dari dalam, kamu juga dapat menjaganya dari luar menggunakan buah duku ini.

Adapun cara menjaga kelembaban rambut menggunakan buah duku ini yaitu olahlah buah duku menjadi masker dan oleskanlah pada rambut sambil dipijat secara perlahan. Kandungan protein yang tergolong tinggi pada buah duku bisa juga dapat mencegah terjadinya kerontokan dan memberikan nutrisi rambut kamu sehingga dapat menjadi lebih indah.

Demikianlah informasi tentang manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat buah duku.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga: