oleh

55+ Fakta Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, No.7 Ibu Hamil Wajib Tau

Manfaat Kacang Hijau – Terdapat berbagai macam khasiat dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh manusia. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang karena kacang hijau ternyata sangat mudah diperoleh oleh berbagai kalangan karena harganya yang relative murah. Apalagi kacang hijau ini termasuk tanaman yang tidak hanya dijadikan untuk obat, akan tetapi bisa dijadikan sebagai minuman dan makanan yang nikmat dan menyehatkan. Selain daripada itu, kacang hijau juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dalam mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh.
Kacang hijau termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang termasuk sumber protein yang baik, rendah lemak dan memiliki kandungan serat yang banyak serta antioksidan. Kacang hijau juga memiliki kandungan kalsium, kalium, zinc, zat besi, vitamin B, vitamin A, fosfor, vitamin K, vitamin E dan vitamin C. Berbagai macam nutrisi lain yang terdapat pada kacang hijau yaitu mangan, karbohidrat, magnesium, selenium dan mangan yang tentu saja akan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.
Manfaat kacang hijau akan memberikan asupan makanan yang sehat untuk tubuh. Banyak macam kacang-kacangan yang ada menempatkan kacang hijau menjadi salah satu kacang dengan memiliki kandungan zat yang tergolong baik untuk kesehatan. Kacang hijau biasa kita buat menjadi bubur untuk dikonsumsi atau dibuat es yang sangat menyegarkan. Bagi para vegetarian, kacang hijau sangatlah digemari karena memiliki kandungan gizi yang tergolong cukup lengkap. Kandungan gizi apa sajakah yang terdapat pada kacang hijau, mari kita bahas pada artikel ini.

manfaat kacang hijau

Loading...

Kandungan Kacang Hijau

Kacang hijau sangat kaya dengan berbagai macam nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, nah berikut terdapat beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada manfaat kacang hijau.
Kacang Hijau Kaya Serat
Kandungan serat pada kacang hijau sebanyak antara 9% per 100g RDA. Serat bertindak menjadi pencahar dan dapat melindungi selaput lender yang terdapat di usus besar seperti yang ada di manfaat papaya. Kemudian akan mengurangi waktu eksposur zat beracun dan mengikat bahan kimia yang menjadi penyebab kanker di usus. Serat dengan jumlah yang cukup ternyata sudah terbukti dapat mengurang kadar kolesterol yang terdapat dalam darah.
Kacang hijau kaya vitamin A
Kacang hijau memiliki kandungan vitamin A dengan jumlah kadar yang sangat baik untuk tubuh. Kemudian vitamin A yang terdapat pada kacang hijau ini akan menghasilkan antioksidan seperti flavonoid, zeaxanthin, betakaroten, lutein dan polifenol yang kandungan seperti pada manfaat jambu biji. Senyawa tersebut akan berperan penting dalam melindungi tubuh dari adanya serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) dimana yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Sehingga dengan adanya vitamin A ini berperan untuk mencegah tubuh mengalami penuaan secara dini.
Kacang Hijau kaya Zat Karotenoid
DEngan adanya kandungan karotenoid, zeaxanthin pada makanan maka kacang hijau menjadi hal yang penting untuk dikonsumsi oleh tubuh karena zat ini akan diserap ke dalam macula lutea retina di mata, dimana berfungsi menjadi penyaring sinar Ultra violet. Oleh karena itu, kacang hijau akan menawarkan perlindungan untuk mencegah penyakit macula yang berhubungan dengan usia (ARMD) pada orang tua.
Kacang hijau kaya mineral Essensial
Kacang hijau memiliki kandungan mineral yang sehat seperti kalsium, magnesium, kalium, mangan dan zat besi yang tergolong sangat lah penting untuk proses metabolism tubuh. Mangan adalah suatu kofaktor untuk enzim antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Kalium termasuk zat yang banyak ditemukan juga pada manfaat pisang dan termasuk komponen yang sangat penting untuk sel dan cairan tubuh dalam membantu melakukan pengontrolan terhadap tekanan darah dan detak jantung.
Kacang Hijau kaya Vitamin B6
Kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin B yang tergolong baik seperti tiamin (vitamin B-1), vitamin C, dan vitamin B6 (pyridoxine). Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C, seperti yang juga bisa kita temukan pada manfaat jeruk, maka akan dapat membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan bisa menangkal bahaya radikal bebas.
Kacang Hijau Rendah Kalori
Secangkir kacang hijau mentah sebanyak 100 gram itu memiliki kandungan 31 kalori dan 2.7 gram serat. Nah, jika anda ingin menjaga berat badan atau ingin menurunkan berat badan maka kacang hijau mentah bisa membantu mengisi kebutuhan kalori yang sehat. Kemudian, kacang hijau ini juga mempunyai kandungan protein sebanyak 1.83 gram. Meskipun kacang hijau mempunyai rasa yang manis, akan tetapi hanya memiliki kandungan gula sebanyak 3.26 gram per cangkir. Sehingga akan membuat kacang hijau itu cukup baik dijadikan sebagai camilan yang aman untuk para penderita diabetes.

Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh

Nah, berikut ini berbagai macam manfaat kacang hijau yang mesti kita simak untuk bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan tentang besarnya manfaat kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau untuk Mengurangi Resiko Kehamilan yang Bermasalah

Ternyata kacang hijau memiliki kandungan folat yang tergolong tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau itu dianggap baik untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa proses kehamilan. Dengan pemberian asam folat yang cukup selama proses masa kehamilan maka dapat memberikan perlindungan kepada bayi dari kelahiran secara premature, keguguran, lahir dengan memiliki berat badan yang rendah dan lahir dengan memiliki kelainan saraf dan otak (Neural tube defect).

Khasiat dan Manfaat Kacang hijau untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan resiko penyakit jantung

Kacang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati yang sudah diakui sangat baik untuk dapat memberikan kelancaran pada sistem penernaan dan juga dapat membantu memberikan asupan nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat pada saluran pencernaan. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi terjadi resiko penyakit jantung dan penyakit diabetes. Hal tersebut diduga berhubungan dengan adanya kandungan antioksidan dan nutrisi yang sangat penting di dalamnya yang mempunyai sifat antiradang.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Membantu Menjaga Berat Badan

Adapun salah satu manfaat kacang hijau yang sudah banyak dikenal orang-orang yaitu kacang hijau dapat membantu mengendalikan dan mengontrol nafsu makan sehingga bisa membantu menjaga berat badan. Semua hal tersebut tercapai karena adanya kandungan serat dan protein yang berasal dari kacang hijau sehingga membuat anda bisa merasa kenyang lebih cepat dan lebh lama sehingga pola makan anda menjadi teratur dan dapat menurunkan berat badan yang berlebihan.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat kacang hijau yang lainnya yaitu mempunyai kandungan lemak yang rendah. Dengan kacang hijau sebanyak 100 gram maka akan diperoleh 348 kalori energy dan lemak sebanyak 1.15 gram. Nah, disini kita melihat, dengan adanya kandungan lemak yang terbilang rendah ini, serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi tersebut maka dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur akan dapat membantu kita para penderita kolesterol tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol yang terdapat pada tubuh secara alami.

Khasiat dan Manfaat KAcan g Hijau sebagai Sumber Karbohidrat dan serat yang sangat baik bagi tubuh

Siapa bilang kita tidak membutuhkan karbohidrat? Meskipun seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan. Ternyata karbohidrat itu sangat penting untuk menjaga fungsi dan kesehatan tubuh kita. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik karena berjenis karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Menurunkan Resiko Osteoporosis.

Kacang hijau adalah anggota dari keluarga tumbuhan polong (legume) di keluarga besar kacang-kacangan yang memiliki kandungan magnesium dengan jumlah yang tak sedikit. Dengan kacang hijau sebanyak 100 gram maka setidaknya terdapat magnesium sebanyak 189 gram yang bisa diperoleh tubuh dan bisa dijadikan untuk mencegah kekurangan magnesium. Dengan mengonsumsi cukup magnesium, maka anda bisa menurunkan resiko terjadinya osteoporosis.
Berdasarkan penelitian, bahwa kacang hijau akan menambah asupan magnesium sehingga bisa menambah kepadatan mineral tulang pascamenopause wanita dan lansia. Selain daripada itu, magnesium juga memiliki peran dalam mengurangi resiko terserang diabetes tipe 2, migren, hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Manfaat Kacang HIjau untuk Kesehatan Janin

Dengan adanya kandungan asam folat yang terdapat pada kacang hijau maka itu sangat baik dikonsumsi oleh para wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau berada dalam proses masa kehamilan. Kacang hijau ini memiliki khasiat untuk mencegah janin lahir secara premature, keguguran dan lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah terjadinya kerusakan saraf janin.
Kemudian manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang lainnya yaitu dapat membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta. Dengan adanya kandungan zat besi yang terdapat pada kacang hijau maka dapat mengurangi resiko bayi terlahir dengan kondisi berat badan rendah. Dalam sehari ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak sekitar 25mg.
Selain daripada itu, khasiat dan manfaat kacang hijau yang bisa kita peroleh berupa kandungan thiamin yang terdapat di dalamnya. Thiamin atau vitamin B1 dapat mengubah karbohidrat menjadi energy. Fungsi Thiamin juga dapat membantu perkembangan otak pada bayi.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Karena adanya kandungan pati dan serat yang terdapat pada kacang hijau, makanan yang berwarna hijau ini sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa manfaat kacang hijau ini dapat mengurangi resiko jantung dan dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini diduga berhubungan dengan sifat antiradang dan antioksidan yang terdapat di dalam kacang hijau.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau memiliki kandungan flavonoid yang memiliki peran penting sebagai antiinflamasi dan antimikroba yang sangat bermanfaat untuk dapat melawan virus dan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat tersebut membuat anda jarang terserang pernyakit.

Khasiat dan Manfaat Kacang Hijau untuk Mengatasi Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang tergolong berbahaya jika tidak segera diatasi. Anemia dapat menyebabkan sel darah merah menjadi berkurang dari tubuh. Padahal sel darah merah memiliki peran yang sangat penting untuk mengangkut oksigen menuju seluruh tubuh.
Dengan adanya kandungan zat besi yang tergolong tinggi pada kacang hijau, maka biji-bijian ini bisa menjadi salah satu asupan yang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang mengalami anemia. Mesti diketahui bahwa, zat besi adalah salah satu zat yang bisa membantu terjadinya pembentukan sel darah merah.
Secara umum dari kandungan gizi kita dapat rangkuman manfaat kacang hijau bagi kesehatan kita adalah sebagai berikut.
1. Mencegah penyakit jantung (serat)
2. Menjaga kesehatan kulit (serat)
3. Mencegah polip usus (serat)
4. Mencegah wasir (serat)
5. Mengatur kadar gula (serat)
6. Menurunkan kolesterol (serat)
7. Menurunkan risiko terkena diabetes (serat)
8. Sumber energi (serat)
9. Mencegah kanker (serat)
10. Membantu mencegah penuaan dini (Vitamin A)
11. Baik untuk mata (Vitamin A)
12. Sebagai antioksidan (Vitamin A)
13. Mencegah penyakit makula (Zat karotenoid)
14. Mengontrol detak jantung dan darah (Mineral Essensial)
15. Menangkal Radikal Bebas (Vitamin B6)
16. Kecerdasan janin (Asam folat)
17. Mencegah cacat janin (Asam folat)
18. Baik untuk ibu hamil (Asam folat)
19. Pertumbuhan janin (Asam folat)
20. Tulang (kalsium)
21. gigi (kalsium)
22. Agar ibu hamil tidak mudah lelah (protein)

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Apakah anda ibu yang suka mengonsumsi kacang hijau? Dibalik warnanya yang hijau tersebut, ternyata jenis kacang-kacangan ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kehamilan. Kacang hijau boleh dikonsumsi sejak awal kehamilan, anda dapat membuatnya menjadi bubur atau minuman.
Nah, seperti apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, menyusui dan janin?. Berikut ulasannya.
– Asam Folat: Mengoptimalkan perkembangan saraf janin
Asam folat memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf janin dan dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat tulang belakang dan cacat otak. Dengan terpenuhinya kebutuhan asam folat akan dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada bayi anda.
– Kacang Hijau Mengoptimalkan Perkembangan dan Pertumbuhan Sel Janin
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tergolong tinggi. Protein yang dibutuhkan selama masa kehamilan sehingga terjadi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh janin secara baik seperti sel rambut.
– Kacang hijau dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin
Dengan adanya kalsium dan fosfor maka hal itu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta menguatkan tulang ibu. Bahkan ketika masa kehamilan, kebutuhan kalsium dan fosfor akan menjadi meningkat karena diserap oleh janin. Jika kebutuhan fosfor dan kalsium anda kurang maka anda akan mengalami tulang keropos dan sakit punggung.
– Kacang hijau memperlancar proses pencernaan ibu hamil
Dengan adanya kandungan serat yang terdapat pada kacang hijau maka akan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga secara otomatis akan memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Kemudian serat juga dapat membantu menjaga pertambahan berat badan supaya tetap ideal.
– Kacang hijau memberikan energy bagi ibu hamil
Kacang hijau kaya akan karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu yang lama supaya bisa dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, kacang hijau akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan akan memberikan energi yang cukup untuk ibu.
– Kacang Hijau untuk Menjaga Organ Tubuh
Lemak tak jenuh yang terdapat pada kacang hijau itu sangat tinggi. Tentu saja dengan lemak tak jenuh yang terkandung pada kacang hijau ini akan memberikan cadangan makanan dan menstabilkan suhu tubuh ibu hamil. Kemudian lemak tak jenuh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan organ tubuh yang lainnya
– Kacang hijau untuk Mengoptimalkan Stamina Ibu Hamil
Dengan adanya vitamin B1 dan vitamin B2 yang terdapat pada kacang hijau maka akan dapat membantu memaksimalkan terjadinya proses penyerapan protein dalam tubuh, memaksimalkan pertumbuhan saraf janin sehingga bisa mencegah cacat pada organ bayi. Bahkan, kedua vitamin ini bisa membantu mengurangi rasa sembelit dan kelelahan pada ibu hamil.

Demikianlah informasi kesehatan tentang manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan ibu hamil serta janin. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai manfaat kacang hijau

Loading...

Baca Juga: