Mardani: Netralitas ASN Tolak Ukur Keberhasilan Pilkada 2020

NKRIKU, Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera berharap pemerintah mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada 2020.

“Agar tetap menjaga netralitas dan tidak memihak kepada salah satu calon. Netralitas ASN dan penyelenggara pemilu merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan Pilkada 2020,” kata Mardani Ali Sera menggunakan akun Twitter @MardaniAliSera, Jumat (20/11/2020)..

Selain itu, kata dia, publik harus memastikan tidak adanya ancaman dan intimidasi yang menyebabkan ASN tidak mampu menjaga netralitasnya. Sebab, publik berharap Pilkada 2020 dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin daerah yang amanah.

baca juga:

“Kita pun masih dalam kondisi darurat Covid-19. Masih ada 28 daerah yang masuk kedalam zona merah. Angka kasus Covid-19 yang terus meroket menunjukkan rendahnya komitmen pemerintah pusat menangani krisis kesehatan sejak awal. Kita harus kembali ke prinsip awal 3T (Testing Tracing Treatment),” ujarnya.

Selain itu, Mardani berpesan agar pemerintah proaktif mengawasi dan menindak pemerintah daerah yang tidak taat protokol kesehatan.

“Kepolisian juga harus tegas dan adil dengan meminta keterangan kepada kepala daerah lain yang abai dengan prokes. Terlebih masih ada daerah yang belum memiliki Perda penanganan Covid-19,” katanya.

Diberitakan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkap, saat ini ada 2,2 persen pelanggar protokol kesehatan pada Pilkada Serentak 2020.

Jumlah persentase ini dihitung dari total tatap muka yang dilakukan sebanyak 13.646 kesempatan.

“Jumlah pelanggar menurut data yang kami peroleh 2,2 persen dari total 13.646 tatap muka. Menurut kami masih dalam batas yang tidak terlalu signifikan dan tidak ada juga yang ribuan, tidak,” ujar Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA dilansir dari detik.

Berita Terbaru