Masdalina Pane : Santri Memiliki Potensi Besar untuk Pembangunan Kesehatan

NKRIKU, JAKARTA – Santri dinilai memiliki potensi besar untuk pembangunan kesehatan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane dalam talkshow bertema “Santri Sehat Indonesia Kuat”, tepat di Hari Santri yang jatuh pada hari ini, Kamis (22/10).

Dikatakan, sejak dulu, pihaknya selalu melibatkan ulama hingga santri dalam memajukan sistem kesehatan di Indonesia.

“Ada banyak hal dimana kita membutuhkan sekali nasehat dan banyak lagi fatwa baik dari majelis ulama maupun dari para ulama. Antara lain dulu, kalau lihat historinya ya, program KB, vaksin halal, itu kita tidak pernah terlepas dari para ulama dan pesantren. Jadi peran pesantren dan santri itu sangat besar dalam pembangunan kesehatan kita,” paparnya.

Terkait pandemi Covid-19, keberadaan santri di lingkungan pesantren memang memiliki risiko besar untuk terpapar. Namun, pihaknya menilai kondisi tersebut juga yang teraman, andaikan tidak terhubung dengan dunia luar.

“Jika santri itu tidak banyak terhubung dengan dunia luar, itu relatif aman. Karena saya lihat beberapa pesantren juga menerapkan, santri sebelum masuk dilakukan testing bahwa mereka memang bebas Covid-19,” katanya.

“Tapi yang jadi persoalan adalah pengunjung yang keluar masuk, pengunjung yang keluar masuk. Ini tentu terpapar dengan populasi di luar yang memiliki risiko,” sambungnya.

(zul/pojoksatu/adv)

Berita Terbaru