Melonjak Tajam, Tower 4 Wisma Atlet Jadi Tempat Rawat Pasien Gejala Ringan

NKRIKU.COM – Pemerintah mengalihfungsikan Tower 4 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang semula tempat isolasi orang tanpa gejala menjadi tempat perawatan pasien dengan gejala COVID-19.

Kepala Sekretariat RSD Covid-19 Wisma Atlet Kolonel Laut (K) dr RM Tjahja Nurrobi menjelaskan pengalihfungsian Tower 4 dilakukan karena terjadi lonjakan pasien positif bergejala belakangan ini.

“Sejak kira-kira satu minggu yang lalu, kita melihat bahwa adanya tren untuk penambahan jumlah kasus kurvanya semakin curam. Untuk itu kemarin kira-kira 3 hari yang lalu, salah satu Tower yang biasanya dipakai untuk isolasi Mandiri yaitu Tower 4 dialihfunsikan sebagai Tower perawatan,” kata Nurrobi dalam jumpa pers dari BNPB, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Berita Populer  Pasien Positif Corona di Arab Saudi Jadi 5.369 Orang, 73 Meninggal

Dengan demikian, tower khusus pasien bergejala ditempatkan di tiga tower yakni Tower 4, 6, dan 7, sementara OTG hanya ditempatkan di Tower 5.

Baca Juga:
Di Afrika, Malaria Lebih Banyak Sebabkan Kematian daripada Covid-19

“Isolasi Mandiri (Tower 5) saat ini kurang lebih sudah mencapai 80 persen, sedangkan yang tower 4, 6, dan 7 ini sudah mencapai 50 sekian persen,” jelasnya.

Berita Populer  SMI: Lawan Nafsu Bahayakan Diri dan Orang Lain Saat Pandemi

Meski begitu, dia menegaskan bahwa kondisi ini masih terkendali, angka kesembuhan dari pasien yang dirawat di RSD Wisma Atlet juga tinggi.

“Kesembuhan sangat baik, Kalau kita melihat baik itu di Indonesia atau DKI. Di wisma atlet juga kesembuhan rata-rata hampir 90 persen,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kebanjiran pasien, pengelola RSD Wisma Atlet telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka beberapa hotel agar dijadikan tempat isolasi mandiri bagi OTG COVID-19.

Berita Populer  Indonesia Dinilai Gagal dalam Menangani Virus Corona, Benarkah?

Diketahui, dalam data per Senin (30/11/2020), RSD Wisma Atlet merawat 3.446 orang positif corona; 1.150 OTG dan 2.296 bergejala ringan.

Baca Juga:
Pemerintah: Perlawanan Terhadap Covid-19 Masih Terus Berlanjut hingga 2021

Sejak beroperasi 23 Maret, RSD Wisma Atlet telah didatangi berbagai kategori pasien Covid-19 hingga jumlahnya mencapai 44.887 orang.

Kemudian sebanyak 41.718 orang telah keluar dari RSD Wisma Atlet, yaitu karena sembuh sebanyak 41.126 orang, dirujuk ke RS lain sebanyak 484 orang, dan meninggal delapan orang.

Berita Terbaru