Mengejutkan! Arkeolog Inggris Klaim Temukan Rumah Kecil Yesus di Israel

NKRIKU, Ken Dark, arkeolog dari Inggris mengklaim telah menemukan rumah masa kecil Yesus Kristus di sebuah situs kuno di kota Nazareth, Israel.

Dark bahkan menyebut adanya data kuat bahwa rumah abad ke-1 yang terawat baik di situs penggalian Nazareth tidak lain adalah kediaman Yesus.

Mengutip The Australian, reruntuhan bangunan itu sendiri kini dilaporkan berada di situs Biara Sisters of Nazareth. Pada abad ke-19, reruntuhan itu dikatakan sempat dipercaya sebagai rumah milik Yusuf. Seperti diketahui, dalam alkitab, Yusuf dari Nazareth adalah suami Maria yang melahirkan Yesus Kristus.

baca juga:

Kemudian, pada tahun 1930-an, anggapan bahwa itu situs rumah Yusuf disanggah dan reruntuhan akhirnya ditinggal oleh para arkeolog.

Namun, berbeda dari arkeolog lainnya, Dark mengaku tetap melakukan kerja lapangan dan mengadakan penelitian di situs selama setidaknya 14 tahun.

Setelah penelitian yang panjang, Dark pun akhirnya mengonfirmasi bahwa biara tersebut berdiri di atas rumah di mana Yesus dibesarkan.

Dark lantas menggambarkan bahwa rumah tersebut terpelihara dengan baik, termasuk tangga dari batu. Selain itu disebutkan bahwa sebagian rumah dibangun di lereng bukit kapur dan menggunakan bagian gua alami sebagai ruang.

Ken Dark via Daily Mail

Dark yang seorang profesor arkeologi dan sejarah di Reading University, juga mengungkap bahwa bangunan rumah dikerjakan dengan amat baik.

Jika ditilik dari struktur bangunan, Dark menyebut bahwa si pembuat pastilah mempunyai pemahaman struktural tentang batuan.

Editor: Anugrah Harist Rachmadi

Berita Terbaru