Mengenal Lebih Dekat Japto Soerjosoemarno, Pentolan Pemuda Pancasila Tiga Dekade


NKRIKU – Pemuda Pancasila (PP) merupakan salah satu organisasi masyarakat atau ormas tertua di negeri ini. 28 Oktober 1959, PP dideklarasikan di Jakarta oleh Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).

IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer aktif kala itu. Mereka di antaranya Jenderal Ahmad Yani, AH Nasution, dan Gatot Subroto.

Pemuda Pancasila kembali menjadi buah bibir khalayak setelah sejumlah anggotanya diduga mengeroyok Kepala Bagian Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Dermawan Karosekali saat menggelar unjuk rasa di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (25/11/2021).

Insiden ini menjadi sorotan publik. Tak terkecuali orang nomor satu di PP, Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno. Siapa dia? Yuk kenal dia lebih dekat!

Japto demikian sapaan akrabnya, lahir 16 Desember 1949 dari pasangan Mayor Jenderal (Purn.) Ir. KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemarno dan Dolly Zegerius.

Sang ayah adalah keturunan ningrat dari Mangkunegaran, yaitu cucu dari Mangkunegara V. Sementara sang ibu adalah seorang Belanda keturunan Yahudi yang pernah menjadi atlet nasional Indonesia dari cabang bridge.

Di Organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila, Japto boleh dibilang satu-satunya tokoh utama organisasi tersebut selama hampir 3 dekade terakhir.

Menjabat sebagai Ketua MPN Pemuda Pancasila sejak Musyawarah Besar Pemuda Pancasila III di cibubur tahun 1981, dan terus memimpin Pemuda Pancasila hingga saat ini.

Pada Musyawarah Besar Pemuda Pancasila IX tahun 2014 di Batu – Malang, dirinya kembali dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila hingga tahun 2019.

Selain aktif di Pemuda Pancasila, dia juga aktif di organisasi FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI). Didunia politik ia juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot.

Japto memiliki seorang istri Bernama Retno Suciati. Dari pernikahan tersebut, Japto dan Retno dikaruniai tiga orang anak.

Salah satu putranya, Raden Mas Sahid Abishalom Benninu Nugroho Noyosatwiko Soerjosoemarno alias Abi Japto yang merupakan suami dari aktris cantik, Yasmine Wildblood. [fajar]

Berita Terbaru