Menilik Perkembangan Penyaluran BPUM, Efektif?

NKRIKU Deputi bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Eddy Satriya menegaskan, KemenkopUKM sudah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebanyak 9,8 juta penerima yang merupakan kombinasi penerima lama dan penerima baru. 

Hal ini seiring mengklarifikasi adanya kesimpangsiuran informasi terkait BPUM. Adapun untuk penyaluran tahap pertama dari 2 tahap yang direncanakan. Untuk tahap kedua, masih sedang dalam persiapan. 

Berita Populer  Meski NIK Tak Terdaftar di Link eform.bri.co.id/BPUM, Anda Tetap Bisa Dapat Bantuan UMKM, Ini Caranya

Masing-masing penerima, tambah Eddy, mendapatkan Rp1,2 juta. Jadi total dana yang sudah disalurkan sebesar Rp11,76 triliun.

Seperti diketahui, BPUM merupakan bantuan yang diturunkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UMKM).

Berita Populer  Cara Daftar UMKM Online 2021

Setelah sukses memberikan bantuan serupa pada tahun 2020 lalu, pada tahun 2021 ini Kemenkop kembali bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyalurkan dana bantuan BLT UMKM.

Untuk bisa menjadi penerima BPUM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

Berita Populer  Terkini Bisnis: Syarat Penerima Bantuan Subsidi Upah, BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Memiliki Usaha Berskala Mikro

Adapun yang termasuk ke dalam kategori usaha mikro adalah bisnis yang memiliki aset bersih rata-rata Rp50 juta per bulan. Beberapa jenis usaha yang termasuk kategori ini adalah pemilik warung kelontong, tukang cukur, peternak ayam hingga pemilik warung nasi.

Warga Negara Indonesia

Berita Terbaru