Menko Airlangga Sebut Kerja Sama Ekonomi IMT-GT Pacu Pembangunan Ekonomi

NKRIKU Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kerja sama ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) telah memacu pembangunan ekonomi dan memperkecil kesenjangan antar wilayah, berdasarkan hasil dari cetak biru 2017-2021 yang berisi strategi lima tahunan.

“Memasuki akhir dari implementasi cetak biru 2017-2021 terdapat 14 proyek konektivitas prioritas yang telah selesai, lima proyek di Indonesia, tiga proyek di Malaysia, dan enam proyek di Thailand dengan total proyek sekitar 39 miliar dolar AS,” Airlangga dalam konferensi pers virtual tentang KTT BIMP-EAGA dan IMT-GT yang dipantau di Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Berita Populer  Tumbuh 34,7 Persen, BRI Catat Laba Rp 19,07 T per September

Menurut dia, saat ini lima koridor ekonomi juga telah dibuat untuk menghubungkan titik-titik utama antara daerah di tiga negara guna menjamin keberlanjutan koridor ekonomi IMT-GT.

Selanjutnya, lanjut Airlangga, untuk meningkatkan keterhubungan laut antar wilayah di tiga negara, koridor baru juga akan ditambah oleh IMT-GT.

Berita Populer  Google Janji Bantu Modal UMKM dan Pemuda Indonesia Rp 155 Miliar

Pada cetak biru 2022-2026, ia mengatakan IMT-GT akan menekankan pada program yang lebih konkret berdasarkan pendekatan koordinasi ekonomi dan integrasi regional, dorongan partisipasi sektor swasta, dan dukungan pertumbuhan inklusif.

Di samping itu, cetak biru terbaru juga akan didasarkan pada adopsi perkembangan ekonomi hijau, biru, dan sirkuler, serta penyesuaian kelembagaan lintas sektoral.

Berita Populer  Menko Airlangga Sebut Realisasi PEN Hingga 11 Juni 2021 Sentuh Rp31,4 Persen

“Beberapa arahan khusus dari Presiden Jokowi, yang pertama adalah percepatan pembangunan infrastruktur baik hub infrastruktur maupun soft infrastruktur. Kedua, mendukung ketahanan pangan dan energi dengan melakukan identifikasi produk pertanian bernilai tambah tinggi untuk dikembangkan lebih lanjut,” imbuhnya dilansir dari Antara.

Kemudian, Presiden Jokowi juga mengarahkan agar transformasi ekonomi digital termasuk untuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipercepat oleh negara-negara IMT-GT.[]

Berita Terbaru