by

Menko Luhut Minta Pegawai Swasta Ikut WFH, Para Bos Mau?

NKRIKU, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pekerja atau pihak swasta dapat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan.

Ia mengatakan hal ini untuk mencegah penyebaran covid 19. Namun, Luhut juga menyebutkan bahwa pengaturan WFH bagi swasta diserahkan pada masing-masing kantor terkait.

“Kita juga menganjurkan untuk work from home 1-2 minggu ke depan ini. Pengaturannya mau 50 persen atau berapa persen kita serahkan ke kantor-kantor,” jelas Luhut dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

baca juga:

Luhut mengatakan pelaksanaan mudik tahun ini berjalan sukses. Namun demikian ia mengatakan memang butuh penanganan dalam dua minggu kedepan lalu setelahnya di evaluasi untuk langkah selanjutnya.

“Ini dalam konteks kehati-hatian karena kita hampir 2 minggu saya kira lebih begitu padat walau sampai saat ini belum melihat ada angka-angka kenaikan tapi tetap kami hati-hati, kita nggak tahu,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah menyarankan untuk pegawai swasta  melakukan work from home alias WFH mengikuti PNS. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengimbau para pengusaha untuk ikut menerapkan anjuran WFH selama seminggu ke depan kepada para pekerjanya.

Ida meminta pengusaha mau melakukan anjuran itu agar para pekerja yang mudik lebaran bisa menghindari tanggal-tanggal puncak arus balik saat kembali dari kampung halaman.

“Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi kita di mana pengaturan ini pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi COVID-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik,” jelas Ida dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Menurut Ida, upaya ini dapat diwujudkan melalui dialog, komunikasi, dan koordinasi yang intensif antara pengusaha dan pekerja atau buruh.

Berita Terbaru