Menteri Teten Kebut Terbentuknya Korporasi Peternak Domba dan Kambing

NKRIKU  Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mendorong terbentuknya korporasi peternak kambing dan domba di Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). 

Hal tersebut disampaikan MenkopUKM saat berdiskusi dengan para peternak domba-kambing yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI) Jateng di Jangkar Hijau Farm, Karanganyar, Jateng, Senin (6/12/2021). 

Berita Populer  Bikin Ramai Pembeli, Ini Tips Pilih Nama 'Nyeleneh' untuk Bisnis Makananmu

Dikatakan Teten, domba dan kambing telah memiliki market atau pasar tetap yang terkait dengan kegiatan keagamaan yaitu aqiqah. 

“Angka penjualan kambing untuk aqiqah itu mencapai Rp6,1 triliun, itu besar sekali. Dan angka itu masih kurang apalagi kalau mau masuk ke pasar Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura terlebih Timur Tengah,” kata Teten. 

Berita Populer  Sri Mulyani Sepakati Skema Berbagi Beban dengan BI, Ini Detailnya

Menurut Teten, ekosistem pengelolaan peternakan di Jangkar Hijau Farm sudah sangat benar.

“Disini sistemnya sudah benar, ada pembiakan breedingnya, sudah ada juga koperasinya. Ini punya potensi untuk dibesarkan, sehingga jika ini dibesarkan maka serapan tenaga kerja juga akan semakin besar,” terangnya. 

Disisi lain, Teten memastikan bahwa koperasi harus bisa menjadi off taker dari produk para anggota, sehingga harha peternak ini bisa dikontrol melalui satu pintu agar harga di peternak tidak dimainkan oleh pasar. 

Berita Populer  Penyaluran Kredit Perbankan di Tahun 2021 Diprediksi Masih Seret

“Oleh karena itu, koperasinya mesti ditingkatkan,” tutur Teten Masduki. 

MenkopUKM optimis harapan dari para peternak menjadikan Karanganyar sebagai sentra domba dan kambing dapat segera terwujud. 

Berita Terbaru