oleh

Menyambut Hari Jadi Mamasa Ribuan Masyarakat Dilibatkan

Sulbar, Nkriku– Dalam rangka memeperingati Hut Kab Mamasa ke 17, yang dirangkaikan dengan promosi wisata, berbagai kegiatan wisata yang ditampilkan sepekan sebelum memasuki puncak hari H.

Sejak 6 Maret, telah digelar kegiatan yang diawali dengan jalan santai bersama masyarakat kabupaten Mamasa dan seluruh perangkat daerah Vertikal dan Horisontal.

 

Menurut Agustina Toding, M.Pd selaku Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) yang ditemu disela – sela persiapan Rapat Paripurna, dan 7 Maret kegiatan pertandingan sudah mulai digelar seperti olah raga tradisional Mamasa seperti Gasing, Sibussun, Mattenta dan malam harinya dimeriahkan dengan berbagai tarian tradisional termasuk perlombaan tarian seni, Senin (11/3).

” Diperlombakan bagi para pelajar siswa siswi/siswi SMP dan SMA se-kabupaten kabupaten Mamasa, dengan mengikuti perlombaan bahasa Inggris dan serunya adalah perlombaan bagi para perangkat daerah dengan menggunakan bahasa daerah Mamasa dan bahasa Inggris,” ucap Agustina.

Selain itu ada perlombaan Motor Cros dimana pesertanya berasal dari pemuda kabupaten Mamasa bahkan ada yang dari luar Mamasa. Sedangkan kegiatan Calleran (colour Run -red), melibatkan kaum millenial dimana inti Calleran bermakna tidak membeda – bedakan golongan, menerima perbedaan sebagai salah satu kekayaan kabupaten┬áMamasa yang beraneka ragam .

Menjawab pertanyaan dari luar, terkait kegiatan Calleran dilaksanakan, kadis pariwisata mengatakan Calleran dilakukan untuk menyatukan perbedaan yang ada.

“Dimana dalam Calleran (Calour Run -red) terdapat berbagia warna yang berbeda tapi terlihat indah saat disatukan,” tuturnya.

“Dengan aneka kegiatan dalam menyambut HUT Kab Mamasa bisa menjadi perhatian perhatian wiasatawan dari luar kab Mamasa bahkan manca negara,” tambah Kadis Perempuan ini.

Kesiapan pelaksanaan kegiatan menyambut HUT Mamasa sampai pada hari H, merupakan kekompakan dalam tim Dinas Pariwisata, dimana semuanya berbeparan aktif mulai dari kadis sampai seluruh staf dilibatkan, dimana Sekda kabupaten Mamasa, selaku ketua panitia yang dibawah arahan langsung oleh Bupati dan wakil Bupati Mamasa.

“Dalam satu tim melaksanakan sesuai tugas masing – masing hingga sampai kepada puncak hari jadi Kabupaten Mamasa ke 17 hari ini berjalan sukses dan lancar sesuai yang diharapkan,” jelas Agustina Toding.(WN/WD)

Loading...

Baca Juga: